x

Gabung Milwaukee Bucks, Seberapa Besar Kans Marques Bolden Main Bareng Giannis Antetokounmpo di NBA?

Sabtu, 24 September 2022 06:13 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Dengan kontrak tipe Exhibit 10, peluang Marques Bolden untuk jadi bagian roster Milwaukee Bucks di NBA memang kecil namun bukan hal mustahil.

INDOSPORT.COM - Fans timnas basket Indonesia dibuat bangga setelah pemain naturalisasi idola mereka, Marques Bolden, direkrut oleh klub NBA, Milwaukee Bucks.

Hanya saja rupanya peluang bagi center 24 tahun tersebut untuk bermain di roster utama tim juara NBA 2021 tersebut cukup kecil dan butuh usaha esktra untuk mendapatkan keistimewaan tersebut.

Baca Juga

Bolden hanya diikat dengan kontrak bertipe Exhibit 10 oleh Bucks. Artinya ia mendapatkan kontrak satu musim kompetisi, dan bisa dikonversi menjadi two-way contract yang membuatnya bisa tampil di G-League.

Dengan Exhibit 10 seorang pemain bisa mendapatkan bonus 50.000 USD ketika dirinya dibebaskan dari kontrak tersebut, atau pindah ke tim satelit klub di G League.

Baca Juga

Milwaukee Bucks saat ini memiliki dua pemain lain dengan deal yang sama selain Marques Bolden yakni Luca Vildoza dan Lindell Wigginton.  Ketiganya masuk dalam daftar roster offseason yang jumlahnya bisa mencapai 20 pemain.

Menurut peraturan NBA, sebuah tim maksimal hanya boleh punya 15 pemain dalam roster saat musim reguler bergulir nantinya.

Baca Juga

The Cream City pastinya sudah memberi garansi untuk para bintang mereka seperti Giannis Antetokounmpo, Khris Middleton, Jrue Holiday, Brook Lopez, hingga Bobby Portis.

Persaingan untuk satu tempat di roster utama semakin sulit karena pelatih Mike Budenholzer kemungkinan besar akan mengutamakan dua pemain two-way contract yakni Aj Green dan Sandro Mamukelashvili.


1. Punya Pengalaman

Pemain Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden. Foto: fiba.basketball

Langkah Milwaukee Bucks untuk memberikan kesempatan bagi Marques Bolden dengan Exhibit 10 sebenarnya cukup wajar karena kualitasnya memang lumayan.

Ia punya pengalaman di NBA bersama Cleveland Cavaliers pada musim 2019/2020 dan 2020/2021, meski dengan menit bermain yang terbatas namun lebih menggigit saat dipindahkan ke Saltk Lake City Stars di G-League.

Baca Juga

Bolden mengemas rata-rata 12,3 poin, 9,2 rebound, 1,2 asis per laga. Dalam 20 pertandingan, dia 20 kali tampil sebagai starter dengan durasi penampilan 31,7 menit.

Bersama timnas Indonesia, mental pemenang Bolden juga sudah teruji. Jebolan kampus Duke tersebut mampu membawa Merah-Putih meraih medali emas SEA Games untuk kali pertama di 2022.

Baca Juga

Itu adalah prestasi tertinggi basket tanah air yang akhirnya juga bisa memutus dominasi raja Asia Tenggara, Filipina. Bolden tampil layaknya seorang MVP usai dalam empa pertandingan ia mencetak rata-rata 21,8 poin dan 11,3 rebound.

Kendati demikian, saat ini harapan bagi Bolden dari penggema basket Indonesia sebaiknya tidak usah terlalu muluk karena bisa menjadi beban saja baginya.

Baca Juga

Masih ada proses panjang sebelum atlet setinggi 2,08 cm itu untuk menjadi awak Bucsk yang musim depan masih akan jadi salah satu favorit juara NBA dari wilayah timur.

Marqus Bolden harus mampu untuk melewati ujian fisik yang pastinya tidak mudah dari tim kepelatihan Milwaukee Bucks yang musim lalu harus kalah di smeifinal Eastern Conference dari Boston Celtics.


2. Profil Bolden

Marques Bolden. Foto: fiba.basketball

Mengenal profil singkat Marques Bolden, bintang basket Timnas Indonesia yang sukses buat sejarah dengan babung klub besar dan mantan juara NBA.

Kabar mengejutkan datang dari bintang naturalisasi Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden. Marques Bolden resmi bergabung klub NBA, Milwaukee Bucks.

Menurut laporan jurnalis bernama Eric Nehm dari The Athletic, Marques Bolden resmi mendapatkan kontrak Exhibit 10 dari Milwaukee Bucks.

Pebasket yang pernah mentas di NBA G-League bersama tim Salt Lake City Stars tersebut mendapatkan kesempatan berkompetisi di training camp Bucks. Rencananya, Milwaukee Bucks akan menggelar training camp hanya selama tiga hari.

Meski berdurasi singkat, Bolden harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Baca selengkapnya:  Profil Marques Bolden, Bintang Timnas Indonesia yang Gabung Jawara NBA Milwaukee Bucks

NBAMilwaukee BucksTimnas Basket IndonesiaMarques Bolden

Berita Terkini