x

Kevin Yonas Resmi Pensiun dari Dunia Basket dan Tinggalkan Klub Satria Muda

Minggu, 30 Oktober 2022 07:23 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Power forward Satria Muda Pertamina, Kevin Yonas Sitorus (kiri) berusaha mengadang pemain Amartha Hangtuah dalam final Piala Presiden di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (24/11/19).

INDOSPORT.COM – Pebasket Kevin Yonas Argadiba Sitorus resmi pensiun dari dunia basket dan meninggalkan klub Satria Muda.

Kevin Yonas sendiri pernah dipanggil oleh PP Perbasi untuk memperkuat timnas basket Indonesia di ajang SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Meskipun dirinya bukan pilihan utama.

Baca Juga

Sebelumnya, Kevin memperkuat timnas basket Indonesai di SEA Games 2017 dan menyabet medali perak. Kala itu, Indonesia kalah atas Filipina dengan skor 55-94.

Kevin Yonas resmi mengumumkan pensiun di usia ke-28 tahun. Hal ini diungkapkan Kevin melalui laman resmi dan akun instagram Satria Muda Pertamina.

“Di kesempatan ini saya mengumumkan tentang keputusan saya pensiun dari dunia basket profesional,” kata Kevin Yonas, dilansir dari instagram resmi Satria Muda Pertamina.

Baca Juga

Kevin menambahkan masa-masa bersama klub Satria Muda adalah masa paling bahagia di hidupnya. Pasalnya, Kevin mampu memberikan gelar empat kali juara.

“Terimakasih untuk kesepatan yang diberikan kepada saya. Banyak hal yang tak ternilai yang saya dapat bersama Satria Muda,” tambahnya.

“Kerja sama dan dukungan yang saya terima sepanjang karier merupakan sesuatu yang sangat berharga,” kata Kevin Yonas.

Baca Juga

Sementara itu, pemain yang berposisi sebagai Power Forward itu memperkuat Satria Muda di ajang IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022. Dirinya sendiri, direkrut ketika dirinya masih berusia 18 tahun.

Secara total, Kevin Yonas memperkuat klub basket Satria Muda Pertamina selama 10 tahun. Dia telah menorehkan lima gear juara IBL selama karirnya di klub asuhan Youbel Sondakh.


1. Melanjutkan Usaha Keluarga

Power forward Satria Muda Pertamina, Kevin Yonas Sitorus (kiri) berusaha mengadang pemain Amartha Hangtuah dalam final Piala Presiden di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (24/11/19).

Setelah pensiun dari dunia basket profesional, Kevin Yonas mengaku akan kembali ke tanah kelahirannya di Kalimantan Tengah.

Kevin mengungkapkan dirinya akan melanjutkan bisnis usaha milik keluarganya. Keputusannya sendiri sudah dipertimbangkan sejak awal pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Keputusan ini sudah ditimbang matang-matang, saya dan keluarga merasa sekarang adalah saat yang tepat untuk undur diri dari basket,” kata Kevin Yonas melalui laman resmi Satria Muda, dilansir Antara.

“Masa pandemi menjadi percobaan bagi saya untuk kerja dan memulai usaha sendiri, kini saya fokus untuk terlibat lebih jauh dan membantu memajukan usaha keluarga,” tambahnya.

Pandemi Covid-19 membuat beberapa turnamen basket dihentikan untuk sementara waktu. Pada kala itu, Kevin membantu bisnis keluarga di kampung halamannya.

Baca Juga

“Masa jeda saat pandemi tahun 2020 kemarin memberikan saya kesempatan mendalami lika-liku usaha keluarga selama enam bulan,” tutur Kevin.

Kevin turut menambahkan dirinya menyukai masa-masa membantu bisnis keluarganya. Hal ini menjadi pertimbangan Kevin untuk pensiun dari dunia basket profesional.

“Setelah final IBL di Bandung kemarin, keputusan saya sudah bulat untuk berhenti bersama dengan kontrak saya yang habis masa berlakunya,” pungkas Kevin.

Baca Juga

Sementara itu, ajang IBL Gojek 3x3 di Tangerang menjadi turnamen terakhir di penghujung karirnya dengan klub Satria Muda Pertamina.

Kiprah Kevin di dunia basket Indonesia tebrilang gemilang, sejak muda, dirinya sudah tergabung di Timnas Basket U-18. Selain itu, Kevin juga membela Indonesia di ajang ASEAN University Games 2017.

Sumber: Instagram Satria Muda

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi)Timnas Basket IndonesiaSatria Muda Pertamina JakartaBasketKevin YonasBerita Basket

Berita Terkini