x

Digelar Bulan Depan di Solo, Berikut Pembagian Grup Turnamen Basket Indonesia Cup 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 07:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Semifinal IBL 2022, Prawira Bandung vs Satria Muda Pertamina di GOR C-Tra Arena, Kota Bandung, Minggu (21/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Indonesia Basketball League (IBL) bersiap menggulirkan turnamen pramusim bertajuk Indonesia Cup 2022 mulai 4-13 November mendatang di Solo, Jawa Tengah.

Ajang ini diikuti 15 peserta atau klub basket yang berkompetisi di IBL.

Baca Juga

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan turnamen ini digelar untuk mengisi kekosongan jadwal sebelum kompetisi IBL musim baru 2023.

Menariknya, Indonesia Cup 2022 hanya boleh menggunakan jasa pemain lokal.

"Walaupun musim IBL sedang off tapi bagaimana caranya basket harus tetap aktif. Selain itu, ajang ini juga sebagai pembuktian para pemain lokal kita, karena kegiatan ini tanpa para pemain asing," kata Junas saat preskon di Jakarta, Rabu (26/10/22).

Baca Juga

Turnamen Indonesia Cup 2022 akan diselenggarakan di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah. Kota tersebut dipilih jadi tuan rumah karena antusiasme penontonnya yang luar biasa.

"Tapi bukan berarti kota lain tidak bagus. Hanya memang Solo ini sedang gencar melakukan beberapa events olahraga," tutur Junas.

"Kami sampaikan kepada mereka bahwa ini adalah salah satu konsistensi pemerintah kota kepada masyarakatnya.

Baca Juga

"Artinya, jika turnamen ini berjalan lancar maka akan berdampak pada kotanya, tak hanya itu kota-kota lain juga," imbuhnya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dikatakan sangat mendukung kegiantan olahraga. Jika turnamen ini bisa berjalan dengan baik, maka ke depan  penyelenggaraannya bisa di daerah lain, bahkan di luar Pulau Jawa.


1. Undian Grup

Bali United basket di IBL 2022. Foto: Bali United

Pihak IBL juga telah melakukan pengundian grup untuk Indonesia Cup 2022. Ada empat grup dengan satu grup hanya diisi tiga klub.

Grup A dihuni NSH Mountain Gold Timika, Dewa United Surabaya, Elang Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga. Sementara Grup B diisi Evos Thunder Bogor, Satria Muda, dan Amartha Hangtuah.

Baca Juga

Lalu Grup C diisi Pelita Jaya, Bima Perkasa Jogja, Bali United, dan Rans PIK Basketball. Serta Grup D dihuni Bumi Borneo Pontianak, West Bandits Combiphar Solo, Prawira Bandung, dan Tangerang Hawks.

Nantinya, dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melangkah ke babak perempatfinal. Regulasinya adalah juara Grup A akan bertemu runner up Grup B.

Begitupun sebaliknya juara Grup B akan bertemu runner up Grup A. Lalu juara Grup C akan berjumpa runner up Grup D, dan begitu pun sebaliknya.

Baca Juga

Pada Indonesia Cup 2022, hanya ada satu tim peserta IBL yang absen yakni

Indonesia Patriots. Klub tersebut masih menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat karena merupakan timnas basket Indonesia.

Pemain naturalisasi yakni Dewa United Surabaya, Jamarr Andre Johnson menyatakan siap membantu timnya raih prestasi terbaik.

Baca Juga

"Kami siap bermain. Saya tak peduli apakah akan mencetak angka banyak atau tidak, terpenting tim kami menang,” ujar Jamarr.

Sementara itu, Avan Seputra, pemain Satria Muda sangat antusias dengan turnamen pramusim ini. Ia pun percaya diri dengan mengatakan timnya menargetkan juara.

"Satria Muda tak pernah pasang target di bawah juara. Kemarin kita juara dengan pemain asing. Kini, kita buktikan menjadi juara dengan pemain lokal," tuntas Avan.

IBLBasket

Berita Terkini