x

Segrup Pelita Jaya, Bali United Pede Menuju Piala Indonesia 2022 di Solo

Jumat, 28 Oktober 2022 20:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Bali United basket di IBL 2022. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Tim basket Bali United percaya diri menuju turnamen pramusim bertajuk Piala Indonesia 2022 di Sritex Arena Solo, 4-13 November 2022. Tridatu Warriors akan kerja keras untuk bersaing di grup C yang dihuni Pelita Jaya Bakrie Jakarta.

Drawing Piala Indonesia 2022 dilakukan pada Rabu (26/10/22) lalu. 15 tim yang menjadi peserta dari Indonesia Basketball League (IBL) 2023 dibagi dalam empat grup berbeda. Grup A, C dan D berisi empat tim, sementara grup B hanya berisi tiga tim saja.

Baca Juga

Bali United tergabung di grup C bersama Pelita Jaya, Bima Perkasa Jogja, dan RANS PIK Basketball. Grup ini mulai dipertandingkan pada Jumat (04/11/22) mendatang.

Grup C jelas tak mudah bagi Bali United karena status Pelita Jaya sebagai runner-up IBL 2022. Selain itu, ada RANS yang musim lalu masuk babak play-off. Bima Perkasa juga tak bisa dianggap remeh.

"Kalau dilihat memang berat, karena itu bukan tim sembarangan. Pelita Jaya tim papan atas, RANS sudah mulai terbukti sejak musim lalu, serta Bima Perkasa sekarang melakukan pembenahan dengan mendatangkan pelatih dan pemain baru," kata Kapten tim basket Bali United, Ponsianus Indrawan.

Baca Juga

Namun pria yang akrab disapa Komink itu senang dengan hasil pembagian grup tersebut. Menurut Komink, ketika turnamen pramusim bersua tim-tim kuat, Bali United akan mendapat ujian sesungguhnya.

Bali United sendiri akan berangkat dengan beberapa amunisi baru lagi. Salah satunya pilar asing eks Pelita Jaya, Dior Lowhorn. Ada pula point guard, Julius Bowie, yang sebelumnya berkompetisi di Australia.

"Jika kami melihat dari sudut pandang kami sendiri, ini menjadi ajang yang baik untuk pre-season dan persiapan untuk season yang sesungguhnya. Semakin bagus lawan, maka semakin bagus juga untuk kami. Mau tidak mau, kami harus lebih bagus dari mereka," ujar Komink.

Baca Juga

Dari segi penjadwalan, Bali United cukup diuntungkan. Mereka akan mengawali langkah dengan menghadapi Bima Perkasa pada Jumat (04/11/22).

Dua hari berselang, Komink dkk. baru akan menantang Pelita Jaya. Lalu, pada laga penutup fase grup, Bali United akan menghadapi Rans pada Selasa (08/11/22).


1. Dampak Bagus Turnamen Pramusim

Pertandingan Bali United lawan Satya Wacana Salatiga dalam Indonesia Basketball League (IBL) 2022 seri pertama di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/22). (Foto: Bali United)

Dari tiga laga tersebut, hanya partai melawan Bima Sakti yang berlangsung pada sore hari atau pukul 16.30 WIB. Sementara saat melawan Pelita Jaya, Bali United bermain pukul 11.30 WIB dan pukul 14.00 WIB saat melawan Pelita Jaya.

Pelatih tim basket Bali United, Anthony Garbelotto mengatakan turnamen pramusim ini menjadi hal bagus bagi timnya. Apalagi, dia baru menjadi pelatih Bali United pada awal bulan lalu.

Baca Juga

Turnamen pramusim akan menjadi penguji dari kesiapan awal yang akan dilakukan Anthony bersama Komink dkk. Apalagi salah satu tim yang akan jadi lawan adalah Pelita Jaya.

"Turnamen ini akan menjadi sedikit lebih awal dalam masa persiapan kami. Namun, seperti turnamen 3X3, saya berharap para pemain akan menunjukkan ketangguhan dan kemauan baru untuk memperjuangkan kemenangan," ujar Anthony.

Pembagian Grup

Satria Muda Pertamina Jakarta yang berstatus juara bertahan IBL 2022 tergabung di grup B. Satria Muda akan menghadapi Evos Thunder Bogor dan Amartha Hangtuah.

Baca Juga

Sementara grup neraka justru akan tersaji dari grup G. Dua semifinalis IBL 2022, West Bandits Combiphar Solo dan Prawira Bandung, berada di grup ini, bersama Bumi Borneo dan Tangerang Hawks.

Lalu, dari grup A akan diisi Dewa United, Elang Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga dan NSH Mountain Gold Timika.

Baca Juga

Satria Muda dan Pelita Jaya jelas masih menjadi unggulan dalam memenangkan turnamen pramusim IBL 2023 ini, meski gangguan bisa saja datang dari Prawira dan West Bandits.

Juara dari ajang Piala Indonesia 2022 ini akan mendapatkan hadiah Rp150 Juta. Lalu, runner-up akan mendapat Rp75 juta dan juara tiga mendapat Rp50 Juta.

Ponsianus Nyoman IndrawanBasketBerita BasketBali United Basketball Team

Berita Terkini