x

Peran Vital Coach Justin hingga Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Piala Asia

Selasa, 12 April 2022 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Ada peran vital Coach Justin yang turut mengembangkan futsal di Tanah Air, sehingga Timnas Futsal Indonesia kini dinyatakan lolos ke Piala Asia 2022.

INDOSPORT.COM - Ada peran vital Coach Justin yang turut mengembangkan futsal di Tanah Air, sehingga timnas Indonesia kini dinyatakan lolos ke Piala Asia 2022.

Diketahui, Justinus Lhaksana alias Coach Justin dikenal sebagai seorang pundit atau komentator sepak bola. Ia juga aktif berkarya di kanal Youtube pribadinya.

Baca Juga

Namun, mungkin belum banyak yang tahu jika Coach Justin hampir saja mendapat julukan sebagai 'Bapak Futsal Indonesia.'

Coach Justin merupakan sosok keturunan Indonesia-Belanda. Saat datang ke Tanah Air pada 1999, ia mempopulerkan olahraga futsal di seluruh penjuru daerah.

Pada 2003, Coach Justinus Lhaksana ikut mendirikan AMFC (Adjie Massaid Futsal Club) bersama mendiang Adjie Massaid.

Baca Juga

Kemudian pada 2004, Coach Justin mengikuti kursus kepelatihan futsal dari Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), Federasi Sepak bola Belanda.

Setelah mengikuti tiga bulan kursus kepelatihan, termasuk magang dan lain sebagainya, Coach Justin pun memperoleh lisensi resmi kepelatihan futsal dari KNVB.

Pada akhir 2004, Coach Justin pun langsung diangkat menjadi pelatih timnas futsal Indonesia, mengikuti Piala Asia di Vietnam dan berhasil lolos dari fase grup.

Baca Juga

Barulah pada 2008, timnas futsal Indonesia mampu menyelesaikan Piala AFF Futsal sebagai runner-up atau peringkat dua.

Memasuki 2009, Coach Justin akhirnya melepas jabatannya sebagai pelatih timnas futsal Indonesia. Ia lebih banyak membuat coaching clinic futsal.


1. Timnas Futsal Indonesia Runner up AFF, Coach Justin: Berkat Saya!

Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Justinus Lhaksana alias Coach Justin sempat terlibat di timnas futsal Indonesia, saat mengikuti SEA Games 2013 Myanmar.

Setelah itu, Coach Justin memilih mundur lagi karena menganggap Federasi Futsal Indonesia kurang peduli dengan mereka.

Baca Juga

Enam tahun berselang, tepatnya 2019, Coach Justin kembali masuk ke Timnas Futsal Indonesia, namun dengan peran yang berbeda. Ia tampil sebagai direktur teknik.

Namun, Coach Justin hanya bertahan selama tiga bulan di jabatan prestisius itu, karena perbedaan prinsip dengan sang pelatih kepala, yaitu Kensuke Takahashi.

Belakangan, pelatih Kensuke Takahashi mundur, padahal timnas futsal Indonesia akan segera tampil di Piala AFF Futsal 2022.

Baca Juga

Coach Justin kembali mengambil alih bangku kepelatihan sementara Timnas, dan membuat pondasi, siapa saja pemain yang layak berangkat ke Piala AFF di Thailand.

"Yang ngelatih timnas sebulan itu saya, asistennya Kensuke, saya yang ambil alih," ungkap Justinus Lhaksana via Youtube.

"Sementara head coach-nya (Muhammad Hashemzadeh), baru datang satu minggu sebelum turnamen," lanjut Coach Justin.

Baca Juga

"Apa yang bisa dia lakukan dalam seminggu? Nothing. Pelatih bukan tukang sulap. Jadi apapun yang terjadi, bukan salah pelatih, bukan salah saya juga," cetusnya.

Siapa sangka, timnas futsal Indonesia racikan Coach Justin melenggang ke final Piala AFF Futsal 2022, sekaligus mengamankan tiket ke Piala Asia 2022.


2. Coach Justin Percaya Pelatih Baru

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Coach Justin tak mau pernyataannya yang kontroversial, bahwa Timnas Indonesia bisa menjadi juara kedua Piala AFF Futsal 2022 berkat dirinya, lalu memecah belah publik.

Menurutnya, pelatih baru berkebangsaan Iran, Muhammad Hashemzadeh adalah pilihan terbaik untuk melanjutkan misinya, yaitu berprestasi di Piala Asia Futsal 2022.

"Faktanya sekarang adalah, sudah ada pelatih baru. Kita sudah perform luar biasa di AFF, yang paling penting adalah prospek kedepannya," pungkas Coach Justin.

FutsalTimnas Futsal IndonesiaJustinus LhaksanaPelatihIn Depth SportsAFF FutsalBerita FutsalCoach JustinMohammad Hashemzadeh

Berita Terkini