x

3 Sumur Kekayaan Conor McGregor yang Bisa Beli Man United

Senin, 17 Mei 2021 17:44 WIB
Editor: Juni Adi
McGregor merayakan kenaikan kekayaannya setelah bertarung melawan Mayweather.

INDOSPORT.COMConor McGregor dirumorkan ingin membeli Manchester United. Namun dari mana kekayaan dirinya bersumber? Ini jawabanya.

Conor McGregor saat ini dikenal sebagai salah satu petarung UFC yang paling sukses di dunia. Bagaimana tidak, pria yang prestasi dan kontroversialnya berjalan beriringan ini selalu mampu mendulang banyak uang dalam sekali beraksi di atas oktagon.

Dia merupakan bintang UFC yang paling banyak meraup uang dari skema pay per view karena punya jutaan fans di seluruh dunia. Salah satu cara yang bisa diketahui adalah melihat jumlah pengikutnya di media sosial Intagram pribadinya.

Pria berjuluk The Notorious itu memiliki 39,8 juta follower. Sementara akun Twitternya diikuti sebanyak 8,6 juta pengguna.

Baca Juga
Baca Juga

Tak heran jika McGregor kerap memamerkan kemewahan yang diraihnya berkat kerja keras dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan saat ini ia dinobatkan sebagai salah satu atlet dengan bayaran paling tinggi di dunia, sehingga berdampak pada nilai kekayaannya yang terus bertambah setiap tahunnya.

Pada tahun 2020 kemarin, ia menempati urutan ke-16 sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Namun hanya dalam hitungan bulan, pria berjuluk The Notorious itu langsung melesat ke urutan paling atas.

Hal tersebut diketahui setelah Forbes baru-baru ini merilis lagi daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi tahun 2021. Conor McGregor menempati urutan pertama, dengan pendapatan 180 juta USD atau setara Rp2,52 triliun dalam satu tahun. 

Nominal tersebut diperolehnya dari bertarung sebesar 22 juta USD, dan juga penjualan saham brand whiskey milikinya dari merek 'Proper No. Twelve' ke Proximo Spirits sebesar 150 juta USD.

Lalu diikuti oleh Lionel Messi di urutan kedua dengan total pendapatan 130 juta USD dan Cristiano Ronaldo di tempat ke-3 dengan total 120 juta USD.

Baca Juga

Kekayaan melesat yang diperoleh Conor McGregor hanya dalam satu tahun atau bahkan hitungan bulan, membuatnya sesumbar ingin membeli klub sepak bola ternama asal Inggris, Manchester United.

"Hai teman-teman, saya sedang berpikir untuk membeli Manchester United! Bagaimana menurut Anda?" ujar McGregor di akun Twitternya beberapa waktu lalu.

Keinginan petarung berusia 32 tahun itu tidak lepas dari protes suporter Manchester United, yang menginginkan pemilik saat ini Keluarga Glazer menjual klub dan pergi.

Namun apakah sumber kekayaan Conor McGregor hanya dari profesinya sebagai petarung UFC? berikut jawabannya.


1. 1. Bertarung

Floyd Mayweather Jr vs Conor McGregor.

Kesuksessan Conor McGregor saat ini tidak datang begitu saja. Sebelum bergelimang harta seperti sekarang ini, ia pernah hidup susah dengan bekerja sebagai asisten tukang ledeng di Dublin, Irlandia.

Ia kemudian menjajaln dunia pertarungan MMA, yang langsung mengubah jalan hidupnya menuju kesuksessan yang saat ini ia nikmati.

Mengawali karier MMA, Conor McGregor tidak langsung mendapat bayaran tinggi. Ia harus puas dibayar USD 150 atau sekitara Rp2,1 juta sekali bertarung di program Cage Warriors.

Kemudian kariernya terus menanjak, dan menyebrang ke UFC pada tahun 2013. Namanya melejit berkat kemenangan KO melawan Marcus Brimage di laga debut dan menyabet USD 76 ribu atau sekitara Rp1,1 miliar.

Baca Juga
Baca Juga

Ia pun semakin menanjak setelah itu. Mulai dari 2016, bayaran McGregor melesat menjadi nyaris USD 3 juta atau sekitar Rp43,5 miliar per duel. 

Ia bahkan meraih total USD 18 juta dari enam duel di UFC melawan Nate Diaz, Eddie Alvarez, Khabib Nurmagomedov, Donald Cerrone, dan Dustin Poirier.

Hebatnya lagi, McGregor menjadi petarung UFC pertama yang mendapat bayaran USD 5 juta atau sekitar Rp 72,5 miliar untuk satu event. Itu terjadi di pertarungan terakhirnya melawan Dustin Poirier.

2. Tinju

Setelah lama berkecimpung di dunia MMA, Conor McGregor sesumbar ingin menantang salah satu petinju ternama jawara kelas berat asal Amerika Serikat, Floyd Mayweather pada tahun 2017.

Pertarungan itu terlaksana namun jalannya pertandingan tidak berlangsung sengit, karena sudah bisa ditebak siapa pemenangnya. 

Ya, Floyd Mayweather menang TKO dengan mudah di ronde ke-10. Kendati kalah, McGregor membawa pulang uang sebesar USD 100 juta atau Rp1,4 triliun.

Baca Juga
Baca Juga

3. Jual Wiski

Wiski Irlandia 'Proper No. 12' menjadi bisnis pertama McGregor di luar olahraga tarung. Menurut laporan, bisnis alkohol ini membawa untuk sebesar USD 1 miliar atau sekitar RP 14,5 triliun dari penjualan di tahun pertamanya.

Gaya marketing McGregor dalam menjual wiski ini sangat luar biasa. 'Proper No. 12' menjadi sponsor pertarungan Deontay Wilder vs Tyson Fury di MGM Arena di Nevada pada 2020 lalu.

Pada 2018, McGregor dan UFC meneken kontrak enam duel yang di dalamnya melibatkan Proper No. 12 sebagai sponsor. Di tahun 2020, Proper No. 12 menjadi merek wiski paling populer nomor empat di dunia berdasarkan jumlah penjualan.

Teranyar, sebagian besar saham Proper No. 12 dibeli oleh Proximo Spirits dan membuat McGregor untung sekitar Rp 8,6 Triliun. 

Manchester UnitedUltimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Conor McGregor

Berita Terkini