x

Lebih Sedikit Ketimbang Indonesia, Ini Target Perolehan Medali Tim Malaysia di SEA Games 2022

Kamis, 28 April 2022 15:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Baru-baru ini kontingen Malaysia telah mengumumkan target perolehan medali, di mana jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang Indonesia untuk SEA Games 2022.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini kontingen Malaysia telah mengumumkan target perolehan medali, di mana jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang Indonesia untuk SEA Games 2022.

Malaysia menjadi salah satu negara yang paling getol menyiapkan diri jelang tampil di ajang SEA Games 2022 pada bulan depan.

Baca Juga

Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini akan dilangsungkan di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Negara-negara yang ada di Asia Tenggara kini federasi olahraganya semua terfokus pada persiapan mereka agar bisa unjuk gigi secara maksimal pada Mei nanti, tak terkecuali Malaysia.

Belum lama ini pemerintah Negeri Jiran mengumumkan target peraihan medali di ajang olahraga bergengsi tersebut.

Baca Juga

Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu selaku Menteri Pemuda dan Olahraga telah mendiskusikan target yang akan ditujukan untuk ajang olahraga dua tahunan itu.

Yakni mengatakan akan menargetkan 146 medali untuk 584 atlet yang akan menunjukkan tajinya di SEA Games 2022.

Detail target tersebut ialah 36 medali emas, 35 medali perak dan 75 perunggu, dengan sejumlah cabang olahraga (cabor) seperti lompat indah dan atletik diharapkan bisa menjadi lumbung emas, di mana masing-masing cabor diyakini bisa menyumbangkan lebih dari 5 medali emas.

Baca Juga

Selain itu, Menpora-nya Malaysia juga mengatakan medali emas bisa diraih dari cabang olahraga lainnya.

Yakni taekwondo, wushu, pencak silat dan lainnya yang berpotensi meraih juara dan menyumbang medali emas untuk Malaysia di SEA Games 2022.


1. Target Realistis Malaysia di SEA Games 2022

Logo Sea Games Vietnam.

“Berdasarkan prestasi saat ini, emas bis akita raih dari taekwondo, wushu, pencak silat, binaraga dan cabor lainnya. Kami menemukan lebih dari 58 persen atlet siap bertanding di SEA Games perdananya,” kata Menpora, dilansir dari Bernama.

Lebih lanjut saat disinggung mengenai target lebih rendah kali ini dibandingkan dengan pencapaian di edisi sebelumnya, ia mengatakan hal tersebut menyusul total 72 medali.

Baca Juga

Yakni 25 emas, 18 perak dan 29 perunggu dari 68 nomor di 27 cabor yang diraih atlet Malaysia pada edisi 2019.

“Di antara medali yang kami ‘kehilangan’ adalah dari squash, bowling rumput yang masing-masing menyumbangkan 4 emas, skating (2 emas), senam ritmik (3 emas individu), breakdance (1 emas) dan beberapa cabor lainnya,” tambahnya.

Selain itu total ada 22 cabor seperti berlayar, berkuda, hoki, rugby dan ski air yang biasanya menyumbangkan medali di SEA Games, namun kali ini tak dipertandingkan sehingga targetnya menurun.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa pandemi Covid-19 juga menjadi alasan mengapa Malaysia tak mematok target terlalu tinggi, dan 36 emas dianggap sudah realistis.

Sementara itu, Kemenpora Indonesia sendiri memasang target bahwa kontingen Garuda bisa menembus 4 besar di SEA Games 2022.

Baca Juga

Melansir dari Antara, Menpora Zainudin Amali mengatakan target peringkat 4 besar tersebut bisa dicapai dengan perkiraan perolehan 79 medali emas.

Meski demikian, Kemenpora sedang finalisiasi berapa jumlah kontingen dan cabor yang akan diikuti di SEA Games 2022.


2. Malaysia Siap Guyur Bonus untuk Peraih Medali Emas SEA Games 2022

Logo Sea Games Vietnam.

Sementara itu, Malaysia mengumumkan bakal memberikan bonus intensif untuk atlet yang berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2022.

Kontingen Negeri Jiran memiliki cara tersendiri untuk menambah semangat para atletnya agar bisa meraih medali emas di SEA Games 2022.

Yakni salah satunya ialah memberikan insetif khusus kepada atlet yang menggondol medali emas pada Mei mendatang.

Baca selengkapnya: Malaysia Janjikan Bonus untuk Peraih Medali Emas di SEA Games 2022

IndonesiaSEA GamesMalaysia

Berita Terkini