x

Hancurkan Malaysia 3-0, Timnas Futsal Indonesia Amankan Medali di SEA Games 2021

Senin, 16 Mei 2022 15:11 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas futsal Indonesia membantai tim Malaysia dengan skor telak 3-0 pada babak penyisihan SEA Games 2021 Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Loius Figo

INDOSPORT.COM - Timnas futsal Indonesia dipastikan akan pulang dengan setidaknya medali perunggu usai mengalahkan Malaysia di matchday ketiga SEA Games 2021.

Timnas futsal Indonesia kembali melanjutkan kampanye apik mereka di SEA Games 2021 di mana medali emas menjadi target.

Baca Juga

Pada matchday ketiga yang digelar pada Senin (16/05/22) siang ini, Malaysia sukses digulung Tim Garuda dengan skor telak 3-0. Hasil ini membuat timnas futsal Indonesia untuk sementara kembali menduduki peringkat teratas klasemen perolehan poin. 

Anak-anak asuh Mohammad Hashemzadeh dengan koleksi tujuh angka menggusur tuan rumah Vietnam yang baru akan memainkan laga ketiga dua hari lagi.

Sementara itu, Malaysia makin tertanam di dasar klasemen usai selalu merasakan kekalahan dengan poin nol dan defisit gol negatif 16.

Baca Juga

Rivalitas antara Indonesia dan Malaysia membuat laga sejak awal berjalan sengit. Kedua tim bermain dengan hati-hati demi menghindari kesalahan.

Memasuki menit ke-17, Timnas futsal Indonesia baru bisa memecah kebuntuan lewat kerja sama yang diperlihatkan Syauqi Saud bersama Ardiansyah Runtuboy.

Lewat skema tendangan ke dalam, umpan dari Runtuboy diterima oleh Syauqi, lalu diakhiri dengan tendangan keras setelah memanfaatkan kelengahan penjaga gawang Malaysia, Muhammad Sabaruddin, yang maju ke depan tanpa alasan jelas.

Baca Juga

Sabaruddin dan segenap penggawa Malaysia sempat melayangkan protes ke wasit karena merasa belum siap. Akan tetapi permainan terus digulirkan.

Hingga jeda pergantian babak, skor 1-0 untuk sementara menjadi keunggulan timnas futsal Indonesia atas Malaysia.  


1. Babak Kedua

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Babak kedua berjalan lebih mudah untuk Tim Garuda karena belum berjalan semenit timnas futsal Indonesia sudah bisa menggandakan kedudukan via gol Firman Adriansyah.

Satu menit berselang, Firman kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat aksi individu yang brilian.

Baca Juga

Penggawa panggilan dari COSMO JNE tersebut dari pinggir lapangan yang diakhiri dengan sontekan sukses menggetarkan jala gawang Malaysia. Skor 0-3 menjadi keunggulan timnas futsal Indonesia.

Tertinggal jauh membuat Malaysia menjadi bermain lebih keras dari biasanya. Rivalitas kedua negara membuat kubu Harimau Malaya kemudian mulai menunjukkan taktik yang kurang bersih.

Baca Juga

Pada menit ke-26, terjadi pelanggaran keras yang diterima oleh pivot andalan timnas futsal Indonesia yakni Evan Soumilena.

Tendangan kung fu pemain Malaysia, Muhammad Khairul Annuar, mengarah ke bagian dadanya dan kontak mengundang reaksi keras.

Atas tindakan tersebut, Khairul  diganjar kartu kuning oleh wasit. Bruntung Evan masih bisa melanjutkan pertandingan.

Baca Juga

Hingga laga berakhir, skor 0-3 menjadi kemenangan timnas futsal Indonesia atas Malaysia tidak berubah.

Tambahan tiga poin membuat timnas futsal Indonesia kini sudah bisa memastikan pulang dengan medali di tangan.
Di sisa satu pertandingan nanti melawan rival kuat Thailand, nasib target emas Merah-Putih akan ditentukan.


2. Bantai Myanmar 6 Gol Tanpa Balas

Logo SEA Games Hanoi.

Sebelumnya, Timnas futsal Indonesia mencatat kemenangan besar di partai kedua cabang olahraga futsal putra SEA Games 2021 melawan Myanmar dengan skor 6-0 pada Sabtu (14/05/22) ini.

Ini adalah kemenangan pertama mereka di empat tahunan antar negara-negara Asia Tenggara tersebut setelah pada matchday pertama hanya berimbang 1-1 dengan tim tuan rumah, Vietnam.

Sebenarnya Timnas Futsal Indonesia sempat kesulitan pada babak pertama menjebol pertahanan Myanmar yang terlampau rapat.

Anak-anak asuh pelatih Mohammad Hashemzadeh asal Iran hanya bisa unggul 1-0 lewat gol yang dicetak Ardiansyah Runtuboy.

Memasuki babak kedua, situasi mulai berubah. Timnas futsal Indonesia mulai bisa tampil cair dalam membongkar keuletan Myanmar.

Baca Selengkapnya: SEA Games 2021: Bantai Myanmar 6 Gol Tanpa Balas, Timnas Futsal Indonesia Kian Dekati Emas

MalaysiaTimnas Futsal IndonesiaTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini