Asian Games 2018

Bukan Juara Umum, Ini Target Indonesia di Asian Games 2018

Sabtu, 3 Juni 2017 10:03 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi. Copyright: © Info Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi.

Pada Agustus 2018 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di benua Asia, yaitu Asian Games 2018. Jakarta dan Palembang pun telah ditunjuk sebagai lokasi utama venue pertandingan.

Lalu, dengan status sebagai tuan rumah, bagaimanakah target Indonesia di ajang yang berlangsung setiap empat tahun sekali itu.

© INDOSPORT/Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018. Copyright: INDOSPORT/Asian Games 2018Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengatakan bila melihat kemampuan atlet-atlet Indonesia saat ini, dirinya yakin posisi delapan besar bisa direbut oleh Indonesia saat mengikuti Asian Games 2018.

"Mungkin hari ini belum kelihatan apakah nanti target itu bisa dipenuhi, tetapi kami 'haqqul yakin', tidak hanya yakin, tidak hanya optimististis, tapi super optimistis bahwa pada saatnya di Asian Games nanti target 8 besar bisa kita capai," kata Imam seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Cak Imam itu pun menyebut sejumlah cabang olahraga yang menjadi andalan Indonesia yang bisa diharapkan meraup banyak medali.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lifter atau atlet angkat besi putri Indonesia, Lisa melakukan angkatan pada seleksi jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportAngkat besi salah satu cabor unggulan Indonesia di Asian Games 2018.

"Indonesia menargetkan perolehan medali pada 22 cabang olahraga (cabor), dari 39 cabor yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018, antara lain angkat besi, renang, atletik, panahan, pencak silat, panjat tebing, jetski, dan taekwondo, dan bulutangkis sudah pasti," tutur Imam menjelaskan.

©
Caption Copyright: Bulutangkis jadi andalan Indonesia untuk meraih medali Asian Games 2018.

Sedikit informasi, saat ajang Asian Games 2014 lalu, Indonesia sendiri dapat finis di peringkat 17 dengan total koleksi empat medali emas, lima medali perak, dan 11 medali perunggu.