Ini Alasan Timnas Voli Putra 'Tak Bernapsu' Menang di Kejuaraan Asia

Jumat, 28 Juli 2017 19:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Tim Nasional Voli Pura Indonesia saat ini sedang mengikuti Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur. Pelatih tim, Samsul Jais menjelaskan kalau keikutsertaan Indonesia pada kejuaraan kali ini adalah untuk mengukur kemampuan anak asuhnya menjelang keberangkatan ke SEA Games 2017 pada Agustus nanti.

Timnas Voli Putra Indonesia saat ini tengah bersiap untuk menghadapi Jepang pada babak delapan besar Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017 yang akan berlangsung Sabtu (29/07/17). Meksi mengaku akan menurunkan formasi terbaik sejak awal laga, pelatih Samsul Jais sejatinya tidak terlalu mementingkan hasil akhir.

© Zainal Hasan/Indosport
Pelatih voli Timnas Putra Indonesia, Samsul Jais Copyright: Zainal Hasan/IndosportPelatih voli Timnas Putra Indonesia, Samsul Jais

Baginya, yang lebih penting adalah bagaimana anak asuhnya mendapat pengalaman, sehingga ia bisa melihat dimana setiap kelemahan yang nantinya harus diperbaiki menjelang SEA Games 2017.

"Nanti akan kami lihat terus perkembangannya, tujuannya kami pada ajang ini adalah untuk mengukur kemampuan pemain sebelum terjun SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus 2017," ujar Samsul Jais seperti dilansir dari Antara.

"Menang atau kalah pada babak delapan besar bukan tujuan kami, dan tidak menjadi masalah. Karena saya ingin ketahanan para pemain kuat, sehingga bisa tampil maksimal di SEA Games," sambungnya.

Sebelum melandeni Jepang pada esok hari, Timnas Volu Putra Indonesia sebelumnya kalah dari Korea Selatan dengan skor 1-3 Kamis (27/07/17) dan menang atas Kazakhstan dengan skor 3-0. Pada babak delapan besar, Indonesia harus bersaing di 19Th Asian Mens Championship 2017 untuk meraih angka terbanyak bersama Kazhakstan, Jepang, dan Korea Selatan di Pool E, dan Jepang.

© Zainal Hasan/Indosport
Pemain voli timnas putra saat menerima arahan pelatih usai berlatih. Copyright: Zainal Hasan/IndosportPemain voli timnas putra saat menerima arahan pelatih usai berlatih.

Sedangkan di Pool F beberapa negara juga bersaing merebut angka terbanyak, masing-masing adalah Taiwan, Australia, Cina, dan Iran. Kedua pool tersebut nantinya akan dipertemukan kembali, dan masing-masing pemenang atau peraih angka terbanyak lolos ke babak semifinal 19Th Asian Mens Championship 2017.