7 Klub Liga Primer Inggris dengan Sponsor Jersey Termahal

Jumat, 28 Juli 2017 16:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Sponsor Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Sponsor Liga Champions.

Sebuah olahraga terkenal pada dasarnya akan menggunakan sponsor sebagai salah satu bantuan dana mereka. Begitu pula dengan sepakbola, olahraga kulit bundar yang telah dikenal hampir seluruh masyarakat di dunia.

Sebuah klub sepakbola pastinya memiliki sponsor untuk menjaga neraca ekonomi klub mereka. Begitu juga sebaliknya, sponsor juga membutuhkan sebuah klub guna memasarkan produk mereka kepada para pendukung klub tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Deloitte melaporkan, terdapat 20 klub teratas di dunia yang menunjukkan bahwa 43 persen pendapatan yang mereka raih setiap tahunnya berasal dari nilai kontrak mereka bersama sponsor-sponsor yang bersangkutan. Hal ini jelas membuat sponsor menjadi bagian utama dalam keseimbangan dana dalam sebuah klub.

© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Bintang baru Manchester United, Romelu Lukaku. Copyright: Matthew Ashton - AMA/Getty ImagesSponsor sudah menjadi bagian penting dalam sepakbola di seluruh dunia.

Besarnya nama sponsor serta klub yang bersangkutan biasanya berpengaruh akan nilai nominal keuangan yang disepakati. Contohnya seperti perusahaan besar sekaliber Adidas dan Nike, yang berhasil menggandeng Real Madrid dan Barcelona sebagai sponsor utama dalam pembuatan jersey mereka.

Dalam sepakbola, sponsor tidak hanya digunakan untuk proses pembuatan jersey saja. Beberapa nama sponsor yang telah bekerja sama dengan sebuah klub, akan dipampang di beberapa tempat untuk memperkenalkan perusahaan tersebut, seperti di bagian depan jersey tersebut.

Tentunya penempatan nama sponsor akan memiliki harga tersendiri, tergantung kontrak kerja sama antara klub dan perusahaan tersebut. Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum 7 sponsor jersey termahal Liga Primer Inggris untuk musim 2017/18 mendatang.

1.1K