Panitia SEA Games 2017 'Mencederai' Bendera Indonesia

  • Panitia SEA Games (SEAG) 2017 telah 'mencederai' Bendera Indonesia.
  • Hal tersebut terlihat dengan Bendera Indonesia yang dicetak secara terbalik dalam buku panduan SEAG 2017.
Sabtu, 19 Agustus 2017 22:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sea Games 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sea Games 2017.

Sebuah kesalahan fatal dilakukan oleh panitia SEA Games (SEAG) 2017 di Malaysia. Kesalahan tersebut berupa terbaliknya Bendera Indonesia yang dicetak dalam buku panduan pelaksanaan SEAG 2017.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Melalui Twitter pribadinya, Cak Imam mengaku pembukaan SEAG 2017 bagus namun tercederai dengan keteledoran fatal dalam pencetakan Bendera Tanah Air.

“Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah...” tulis Cak Imam di Twitter pribadinya, @imam_nahrawi.

Dilansir melalui Antara, Cak Imam kabarnya akan melakukan protes kepada pihak panitia SEAG 2017 yang ‘mencederai’ Bendera Indonesia dengan mencetak secara terbalik. Dirinya beserta tim juga menunggu permintaan maaf secara langsung dari pemerintah Malaysia.

“Protes jelas akan kami lakukan. Kami juga menunggu permintaan maaf secara langsung dari pemerintah Malaysia. Masak acara besar dan istimewa harus ternoda dengan ini,” ucapnya.

“Saya kira ini sangat terledor. Ceroboh sekali. Saya kira hal ini yang mencerai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang,” tambahnya seraya menunjukkan cetakan Bendera Indonesia.

Menpora, Imam Nahrawi, memimpin upacara kemerdekaan Indonesia ke-72. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTMenpora, Imam Nahrawi, saat memimpin upacara kemerdekaan Indonesia ke-72.

Bendera Indonesia yang terlihat mirip dengan Bendera Polandia ini terdapat dalam halaman negara-negara mana saja yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bawah bendera tersebut terpampang jelas tahun tuan rumah yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Anehnya, kesalahan cetak bendera tersebut hanya terjadi pada Bendera Indonesia saja. Dikabarkan, 10 negara lainnya tercetak dengan benar meski banyak warna buka seperti Indonesia yang hanya Merah Putih.