Giliran Malaysia Ungkit Salah Bendera oleh Indonesia

  • Tahukah kamu jika Indonesia juga pernah bikin kesalahan saat membuat bendera Malaysia?
  • Peristiwa ini terjadi pada SEA Games 2011. Jalur Gemilang dimulai dari warna putih, padahal seharusnya merah.
Senin, 21 Agustus 2017 18:32 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© The Star Online
Bendera Malaysia Si Jalur Gemilang pernah salah cetak di SEA Games 2011 di Indonesia. Ini buktinya Copyright: © The Star Online
Bendera Malaysia Si Jalur Gemilang pernah salah cetak di SEA Games 2011 di Indonesia. Ini buktinya

Masih terbawa perasaan alias 'baper' gara-gara bendera Indonesia dicetak terbalik di buku panduan SEA Games 2017? Sebaiknya sudahi saja kemarahan tersebut. Manusia tentu banyak salahnya, termasuk Malaysia. 

Tak cuma Malaysia yang melakukan kesalahan pada bendera kita. Sebelumnya malah Indonesia yang salah cetak bendera Malaysia, Si Jalur Gemilang. Bendera bersalur-salur 7 warna merah dan 7 warna putih itu ternyata kurang satu salur warna putih di bagian bawah. Tentu hal ini mengubah maknanya.

Untuk diketahui, Jalur Gemilang adalah sebutan bagi bendera nasional Malaysia. Bendera ini bercorak 14 garis (jalur) merah dan putih (melintang) dengan ukuran sama lebar, bermula dengan garis merah di sebelah bawah, yang melambangkan jumlah anggota dalam persekutuan 13 negara bagian plus Kerajaan Persekutuan.

Bendera Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Copyright: IstimewaBendera Malaysia kurang satu salur di SEA Games 2011 cabang olahraga renang

Peristiwa ini terjadi pada SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang. Ketika itu Malaysia memperoleh emas di cabang renang, seperti dilansir dari vitdaily.com (20/08/17). Peristiwa ini juga diingat betul oleh rakyat Malaysia. Beruntung Internet saat itu tak terlalu meluas sehingga berita soal insiden bendera Malaysia ini jadi tak melebar sampai ke netizen Negeri Jiran. 

Media online asal Malaysia tersebut memberitakan bahwa ketika itu pihak Malaysia sempat protes dan panitia pun segera mengganti bendera Malaysia yang salah usai lagu kebangsaan Malaysia 'Negaraku' dikumandangkan.

"Diharap isu ini dapat diselesaikan dengan segera dan rakyat kedua-dua buah negara turut sama berdamai kerana tiada gunanya jika kita sering bertelagah (berselisih) sedangkan negara kita berjiran (bertetangga)," tulis Vitdaily.com.

Berbagai respon warganet Indonesia membalas insiden bendera terbalik. Copyright: IstimewaBerbagai respon warganet Indonesia membalas insiden bendera terbalik.

Jadi, stop 'baper' dan mulailah memberi dukungan pada atlet-atlet kita secara profesional. Kabar bahagia datang dari cabang olahraga wushu. Ratu wushu dunia Lindswell Kwok berhasil mempertahankan emasnya di nomor Taijijian. Total emas Indonesia hingga Senin 21 Agustus 2017 petang menjadi 7 emas.

Perolehan terakhir medali SEA Games 2017 hingga Senin 21 Agustus 2017 petang. Copyright: www.kualalumpur2017.com.myPerolehan terakhir medali SEA Games 2017 hingga Senin 21 Agustus 2017 petang.