SEA GAMES 2017

'Dilecehkan' Malaysia, Para Selebritas pun Merasa Geram

Selasa, 22 Agustus 2017 19:50 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017. Copyright: © Indosport.com
Merah Putih di Sea Games 2017.

Sudah seminggu lamanya para atlet dari berbagai cabang olahraga antar negara di Asia Tenggara mengadu nasib di SEA Games 2017. Namun sayangnya, banyak perlakuan tak mengenakkan yang harus diterima oleh para kontingen Indonesia.

Seperti halnya ketika Timnas Sepak Takraw Indonesia memutuskan untuk walk out karena merasa keputusan wasit yang tidak adil. Sementara itu, dari cabang olahraga sepakbola, Timnas U-22 juga mendapatkan perlakuan tidak adil dari sang pengadil lapangan saat bersua dengan Timor Leste.

Kejadian nahas lainnya juga harus diterima oleh anak asuh Luis Milla ketika tidak mendapatkan makanan di hotel. Pasalnya, para penggawa Timnas U-22 harus kehabisan makanan dan menerima kenyataan hanya bisa makan dengan roti saja.

© Viva.co.id
Bima Sakti memberikan beberapa kue kepada para penggawa Timnas U-22. Copyright: Viva.co.idBima Sakti memberikan beberapa roti kepada para penggawa Timnas U-22.

Masalah lain yang menjadi perhatian utama para masyarakat Indonesia ialah ketika bendera Indonesia diketahui dicetak terbalik. Pada buku panduan SEA Games 2017 halaman ke-80, bendera Indonesia yang seharusnya berwarna merah putih justru dicetak terbalik menjadi putih merah layaknya bendera milik negara Polandia.

Insiden itu pun menuai kecaman dari berbagai kalangan masyarakat. Tagar #shameonyoumalaysia pun sempat menjadi viral dan menghiasi lini masa sosial media. Tidak terkecuali bagi para selebritas Tanah Air yang juga ikut memberikan perhatian khusus insiden tersebut.

© Istimewa
Terbaliknya bendera Indonesia. Copyright: IstimewaTerbaliknya bendera Indonesia.

Adalah Chand Kelvin, seorang aktor yang turut mempertanyakan insiden tersebut. Pria berusia 32 tahun itu mengungkapkan, untuk perhelatan olahraga besar layaknya SEA Games, seharusnya masalah seperti itu tidak terjadi, bahkan bila secara tidak disengaja.

"Seharusnya kalaupun tidak disengaja, untuk acara SEA Games kan tidak ya. Mudah-mudahan saya berharap bisa diselesaikan dengan baik-baik. Semuanya bisa baik-baik saja," tuturnya dalam wawancara dengan Insert (21/08/17).

© Hello-PET.com
Chand Kelvin. Copyright: Hello-PET.comChand Kelvin.

Sementara itu, artis Sinyorita Esperanza juga menyayangkan mengapa insiden bendera Indonesia yang dicetak terbalik itu harus terjadi. Hal itu disebabkan, mencetak bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih tentunya bukan hal yang sulit.

"Itu sebenarnya hal simpel. Kalau dibilang tidak sengaja kan kurang masuk akal juga. Tapi kalau dibilang sengaja, sengajanya itu untuk apa?" jelas wanita berusia 35 tahun tersebut.

© Instagram@Sinyorita Esperanza
Sinyorita Esperanza. Copyright: Instagram@Sinyorita EsperanzaSinyorita Esperanza.