Status Gunung Agung Siaga 4, Doa Mengalir untuk Masyarakat Bali

Sabtu, 23 September 2017 14:33 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Joko Sedayu
© Bali United
Bali United. Copyright: © Bali United
Bali United.

Status Gunung Agung di Bali dilaporkan sudah meningkat menjadi level IV atau awas sejak hari Jumat (22/09/17) kemarin. Pihak berwenang pun memperluas radius bencana dan memberikan imbauan kepada warga yang tinggal di kawasan sekitar Gunung Agung untuk segera mengungsi.

"Radius yang tadinya 6 kilometer menjadi 9 kilometer. Ditambah sektoral 7,5 kilometer menjadi 12 kilometer," jelas Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Kasbani, Jumat (22/09/17) kemarin, dilansir dari Tempo.co.

"Semua harus dikosongkan dan evakuasi. Kami tidak tahu meletusnya kapan, tapi aktivitas sudah sangat tinggi," lanjutnya.

Meskipun statusnya telah meningkat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai terjadinya letusan.

Kabar ini pun langsung mendapat perhatian dari segenap masyarakat Indonesia. Kepedulian ini juga ditunjukkan oleh klub sepakbola kebanggaan masyarakat Bali, Bali United FC. Melalui akun Instagram resmi klub, @baliunitedfc menggalang doa untuk keselamatan semua orang yang terdampak aktifnya Gunung Agung.

Tak hanya Bali United, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia pun turut melakukan hal yang sama. Melalui Twitter resminya, Kemenpora mengajak seluruh orang untuk berdoa agar aktivitas gunung berapi yang terletak di Kabupaten Karangasem ini segera dapat teratasi. 

"SOBAT, saudara kita di Bali dalam kesulitan karena aktivitas vulkanik Gunung Agung. Semoga teratasi dan segera berakhir. #BantuBaliKita," demikian @KEMENPORA_RI.

INDOSPORT turut mendoakan keselamatan seluruh masyarakat yang terdampak aktivitas Gunung Agung.