x

Jadikan Asian Games Ajang 'Latihan', China Resmi Kirim 845 Atlet ke Jakarta-Palembang

Selasa, 7 Agustus 2018 13:39 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Sejumlah kontingen China sedang mengibarkan bendera tanah kelahirannya.

INDOSPORT.COM - China secara resmi telah mengirim 845 kontingen ke Jakarta dan Palembang untuk bertarung di perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Dari atlet yang telah dikerahkan Negeri Tirai Bambu tersebut, terhitung ada 19 peraih medali emas di Olimpiade. Salah satunya adalah pebulutangkis legendaris China, Lin Dan dan perenang bernama Sun Yang.

Kendati demikian, China akan memberikan kesempatan kepada atlet muda yang belum memiliki pengalaman di ajang Asian Games dan Olimpiade. Menurut laporan Xinhua News Agency, ada 631 atlet yang belum merasakan bermain di ajang bergengsi.

Baca Juga

"Delegasi China bertujuan untuk menunjukkan keahlian olahraga di Asian Games yang juga akan membantu kami menemukan bintang yang menjanjikan,” ujar Liu Guoyong yang menjabat sebagai direktur kompetisi di Administarsi Umum Negara Olahraga.

“(Kami) juga memungkinkan atlet muda China bisa mendapatkan pengalaman praktis (usai mengeikuti Asian Games 2018," lanjutnya.


1. Jadi Ajang ‘Latihan’

China Asian Games 2018.

China untuk kali pertama menjadikan ajang Asian Games menjadi tempat untuk latihan. Langkah itu diambil untuk mempersiapkan para kontingen dalam menghadapi Olimpiade selanjutnya yang berlangsung di Tokyo pada tahun 2020.

Sebelumnya, China tidak pernah menjadikan turnamen Asian Games sebagai ajang untuk latihan. Hal itu terbukti ketika mereka mendominasi peraihan medali emas selama sembilan kali secara beruntun. 

"Ini adalah latihan reformasi olahraga di China dan juga pengalaman sukses yang kami dapatkan dari kekuatan olahraga lainnya,” jelas Liu. 

"Asian Games ini berfungsi sebagai tes jangka menengah dan pengalaman berharga yang mengarah ke Tokyo 2020, dan juga berfungsi sebagai pemeriksaan komprehensif tentang keadaan olahraga kompetitif di China.”

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.  

ChinaAsian Games 2018Multi-EventSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini