x

3 Hal yang Jadi Kunci Kemenangan Timnas U-23 atas Hong Kong

Selasa, 21 Agustus 2018 08:45 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Starting Eleven Timnas Indonesia U-23 kala bersua Laos U-23.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Hongkong U-23 dalam laga terakhir penyisihan Grup A Asian Games 2018, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Senin (20/08/18) malam kemarin.

Tiga gol kemenangan Pasukan Garuda Muda dicetak oleh Irfan Jaya (39'), Stefano Lilipaly (85') dan Hanif Sjahbandi (90'). Sementara, gol semata wayang Hongkong dibukukan oleh sang kapten, Hok Ming Lau di menit ke-39.

Berkat hasil ini, Timnas U-23 berhak lolos ke babak selanjutnya dengan status juara grup Grup A Asian Games 2018. Pada babak 16 besar, Indonesia akan bersua Uni Emirat Arab yang menjadi peringkat tiga terbaik dari Grup C.

Baca Juga

Membahas laga kontra Hong Kong, mental bertanding Timnas U-23 nampak mulai teruji. Tertinggal lebih dulu pada babak pertama, anak asuh Luis Milla akhirnya bisa membalikan keadaan dan meraih kemenangan di akhir laga. 

INDOSPORT pun mencoba merangkum beberapa kunci utama yang membuat skuat asuhan Luis Milla sukses memenangakan laga kontra Hong Kong. Berikut ulasannya!


1. Gol cepat Irfan Jaya di babak kedua

Irfan Jaya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Palestina.

Pada babak pertama, Indonesia harus tertinggal lebih dulu akibat gol yang dicetak kapten Hongkong, Hok Ming Lau di menit ke-39.

Pasukan Garuda bahkan nampak bermain kurang maksimal dan kerap terpancing emosinya hingga menimbulkan beberapa keributan.

Memasuki paruh kedua, Indonesia sukses membalikan keterpurukan tersebut. Semua berawal dari gol cepat yang dicetak oleh Irfan Jaya saat babak kedua baru berjalan semenit.

Menerima umpan terobosan dari Stefano Lilipaly, Irfan berlari menggiring bola menuju kotak penalti Hongkong. Irfan yang kemudian tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, berhasil menceploskan bola dan menyamakan kedudukan.

Dalam jumpa pers pasca laga, Luis Milla mengaku bahwa gol cepat dari Irfan di babak kedualah yang menjadi titik awal kebangkitan Indonesia. Setelah gol dari Irfan, para pemain Indonesia jadi lebih bersemangat dan bermain solid.

"Masuk babak kedua, kita bisa samakan gol dan itu menambah semangat kita," ujar Milla.


2. Stefano Lilipaly Menggila

Selebrasi Stefano Lilipaly usai mencetak gol ke gawang Taiwan.

Keberhasilan Indonesia dalam meraih kemenangan atas Hongkong, tak lepas dari kecemerlangan penampilan Stefano Lilipaly. Ya, pada laga semalam, Lilipaly menjadi bintang dengan mencetak satu gol dan dua assists.

Lebih spesial lagi, gol yang dicetak Lilipaly didahului dengan aksi berkelas. Sebelum berhadapan satu lawan satu dengan kiper, Lilipaly terlebih dahulu melewati bek Hongkong dengan teknik 'nutmeg'.


3. Perubahan Strategi Luis Milla

Luis Milla pelatih Timnas Indonesia U-23.

Pada babak pertama, permainan Indonesia terbilang tidak maksimal. Indonesia yang mengandalkan serangan dari sisi sayap, nampak sangat kesulitan membongkar pertahanan Hongkong.

Sang pelatih, Luis Milla pun menyadari hal tersebut. Permainan Pasukan Garuda di babak kedua tak lagi melulu berporos pada kedua sisi sayap, melainkan lebih mengandalkan kreativitas lini tengah.

Perubahan lebih terlihat lagi, lantaran ketiga gol Indonesia dalam laga semalam didahului dari pergerakan Lilipaly di lini tengah. Lilipaly memang menjadi inspirator kemenangan dengan torehan satu gol dan dua assistnya.

Selain itu, Milla juga menginstruksikan anak asuhnya agar bermain dengan tempo yang lebih cepat di babak kedua. Strategi ini membuat para pemain Hongkong kelelahan sehingga terdapat celah untuk mencetak gol.

Baca Juga

"Hong Kong babak pertama memang kuat, mereka mengganti hampir lima pemain dan menutup sisi sayap kita yang jadi andalan," ujar Milla dalam jumpa pers pasca laga.

"Pada babak kedua, kita mencoba membuat capek pemain lawan lewat kecepatan dan pertahanannya jadi terbuka," tambah Milla.

Babak Semifinal Bulutangkis Asian Games 2018 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Asian Games 2018Timnas IndonesiaLuis MillaBola Internasional

Berita Terkini