x

Ini Alasan Mengapa Bendera China Dikibarkan di Upacara Penutupan Asian Games 2018

Senin, 3 September 2018 19:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bendera China, yang merupakan tuan rumah Asian Games berikutnya, dikibarkan di SUGBK saat upacara penutupan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 telah resmi berakhir dengan selesainya upacara penutupan yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (02/09/18) kemarin.

Acara penutupan sendiri berlangsung dengan meriah di mana tampil sejumlah artis papan atas Indonesia dan Asia seperti Super Junior dan iKON dari Korea Selatan. 

Di dalam salah satu sesi acara, terdapat prosesi pengibaran bendera negara China di dalam Stadion Gelora Bung Karno. 

Baca Juga

Pengibaran ini dilakukan tak lama setelah diumumkannya Hangzhou, sebuah kota di China, sebagai tuan rumah Asian Games 2022. 

Pengusaha asal China, Jack Ma, saat itu turut tampil di tengah acara memperkenalkan Hangzhou, kota kelahirannya.

Pengibaran bendera China di acara penutupan Asian Games 2018 ini diiringi dengan lagu kebangsaan Negeri Tirai Bambu yang berjudul "Yi Yong Jun Jin Xing Qu".

Ternyata, pengibaran bendera China di penutupan Asian Games mengundang polemik di media sosial. 

Sejumlah netizen mempertanyakan mengenai eksistensi bendera China beserta lagu kebangsaannya yang ada di acara tersebut. 

Namun, sejatinya ada penjelasan resmi mengapa bendera China harus dikibarkan saat penutupan Asian Games 2018


1. Aturan dari OCA

Bendera China, yang merupakan tuan rumah Asian Games berikutnya, dikibarkan di SUGBK saat upacara penutupan Asian Games 2018.

Sejatinya pengibaran bendera dan diputarknya lagu kebangsaan China dalam acara penutupan Asian Games 2018 telah diatur dalam Constitution and Rule dari Olympic Council of Asia (OCA). Berikut ini bunyi pernyataannya:

"Bendera OCA dikibarkan pada tiang bendera tengah yang digunakan untuk upacara kemenangan. Kemudian bendera negara yang mengatur Olimpiade dikibarkan di tiang bendera kanan dan Lagu Kebangsaan dimainkan. Setelah itu, bendera negara yang dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan berikutnya dikibarkan pada tiang bendera yang tersisa dan lagu kebangsaannya dimainkan".

Jadi, alasan mengapa bendera China yang dipilih untuk dikibarkan adalah karena mereka akan menjadi penyelenggara Asian Games selanjutnya di tahun 2022. 

Hal seperti ini persis terjadi saat acara penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, lalu di mana bendera Indonesia dikibarkan dan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dikumandangkan. 

Baca Juga

Hal itu dilakukan karena Indonesia menjadi host dari Asian Games yang diadakan empat tahun berikutnya, atau tepatnya tahun 2018 ini. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Serba-serbi Asian Games 2018 Lain di INDOSPORT

ChinaAsian Games 2018Serba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini