Formula 3 Eropa 2014

Sean Gelael Selesaikan 2 Balapan di Hockenheim

Senin, 20 Oktober 2014 14:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Sean memperoleh hasil kualifikasi terbaik musim ini dan menempati posisi delapan pada race ketiga alias terakhir di Hockenheim, Jerman, Minggu. 

Sean sempat menempati posisi kesepuluh pada sesi balapan pertama, namun dia gagal menyelesaikan lomba pada sesi kedua akibat kerusakan pada sayap mobilnya. 

“Saya sangat senang dengan hasil kualifikasi race pertama," tandas Sean dalam rilis resmi yang diterima INDOSPORT, Senin (20/10/14). "Kami memiliki waktu hampir dua bulan sebelum menjalani dua seri terakhir di Imola dan Hockenheim. Setelah menjalani libur panjang, banyak hal-hal baru yang dapat saya pelajari dan saya kembali ke lintasan dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi."

"Waktu di Imola, kecepatan sudah cukup baik tetapi  hasilnya tidak maksimal karena kurang beruntung, tetapi di Hockenheim semuanya menjadi lebih baik,” lanjut putra eks pebalap top nasional, Ricardo Gelael.
 
Pada race pertama, keseimbangan kendaraan Sean tidak begitu baik dan dia hanya mampu finish pada posisi ke-10, setelah bertarung dengan rival terberat musim ini, Felix Serrales. 

Pada sesi balapan kedua, Sean yang baru berusia 17 tahun itu membuang waktu cukup lama di pit-stop. Dia mengalami insiden dan menabrak kendaraan Antonio Fuoco, pebalap muda didikan Formula 1 Ferrari. 

Akibat insiden itu, sayap depan kendaraan Sean rusak dan harus masuk pit-stop untuk mengganti bagian itu. Sean pun kehilangan kesempatan mendapatkan tambahan poin. 

“Saya agak salah dalam melakukan pengereman. Dua kendaraan bertabrakan di depan, seluruh mobil melambat, dan saya menabrak Fuoco. Saya tidak beruntung karena sempat tertahan cukup lama di pit-stop, tetapi kecepatan mobil saya masih sangat baik. Saya kembali masuk lintasan dan berhasil melewati beberapa pebalap lain. Kendaraan saya terasa jauh lebih baik,” beber Sean Gelael.

Pada race terakhir, Sean berhasil melampaui Juara Formula 3 Eropa 2014, Sebastian Ocon, pada lap pertama, sebelum Ocon mengambil alih posisi Sean lagi. 

Sean terus membuntuti Ocon dan Jos Verstappen sampai akhirnya berhasil finish pada posisi kedelapan.

Selanjutnya, Sean akan berpartisipasi dalam Macau Grand Prix pada 14-17 November 2014. Balapan itu merupakan turnamen bergengsi bagi para pebalap Formula 3.