Hujan Tak Halangi Pesona Gelael di Valencia

Kamis, 19 Maret 2015 19:06 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Charles Emanuel Dominggus
© INDOSPORT
 Copyright: © INDOSPORT

Sebenarnya di tahun ini, Sean akan lebih fokus pada Kejuaraan Formula Renault 3.5, di mana ia telah dengan baik beradaptasi dengan mobil yang memiliki kekuatan lebih besar.

Tetapi Sean juga akan kembali bergabung dengan Tim Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen, tim  yang bersamanya selama musim balap  2014, untuk mengikuti beberapa seri kejuaraan Formula 3 Eropa tahun ini.

Ini adalah untuk pertama kalinya Sean kembali berada di mobil Formula 3 sejak Macau Grand Prix bulan November lalu.  Sean pun harus  beradaptasi kembali dengan nuansa mesin mobil ini.

Testing hari pertama sangatlah sulit bagi Sean, tetapi di hari kedua, walaupun dalam kondisi basah yang membuat para pebalap memiliki kesempatan lebih untuk berimprovisasi dan menunjukkan bakat alaminya,  Sean tampil lebih baik.  

Di sore hari, lintasan sudah sedikit lebih kering sehingga para pebalap dapat menggunakan ban kering walaupun lintasan masih cukup licin. Di sesi ini, Sean berhasil mencatatkan waktu tercepat ke delapan dari 34 orang pebalap.

“Ada sedikit perbedaan antara mobil Formula Renault 3.5 dengan apa yang saya harapkan oleh karena itu saya harus lebih banyak melakukan penyesuaian. Cara pengereman dan teknik mengemudi di mobil Formula 3 sangatlah berbeda. Saya harus banyak menggunkan mid-corner speed, tetapi mencoba melakukan dan mengontrol kendaraan saat kita sudah terbiasa dengan kendaraan lain, adalah sangat tidak mudah”, tandas Sean.

“Pada saat saya mencoba lebih banyak mid-corner speed, hasilnya adalah saya mendapatkan kecepatan saat memasuki tikungan atau entry speed. Tetapi mobil Formula 3 tidak cukup memiliki kekuatan untuk mengatasi hal ini. Kita tidak dapat memperoleh kekuatan seperti di kendaraan Formula Renault 3.5”, lanjutnya.

Sean akan kembali melakukan testing di Motorland Aragon, Spanyol, dua minggu mendatang.

3