MotoGP Belanda

(VIDEO) Gagal di Assen, Sinyal Kuat Rossi Tak Akan Juara MotoGP 2016

Hasil mengecewakan kembali didapat pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dalam MotoGP Belanda, Minggu (26/06). Sang juara dunia tujuh kali gagal menyelesaikan balapan usai terjatuh dari tunggangannya pada lap ke-17 di Sirkuit Assen, Senin (27/06/16).
Senin, 27 Juni 2016 02:33 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Grafis:Yuhariyanto/Indosport/Internet
 Copyright: © Grafis:Yuhariyanto/Indosport/Internet

Kegagalan menyelesaikan balapan di MotoGP Belanda membuat langkah The Doctor untuk menyabet gelar juara dunia musim ini semakin berat.

Apalagi pesaing terberatnya Marc Marquez berhasil mengamankan 20 poin usai finis di urutan kedua di belakang pembalap muda Australia, Jack Miller yang secara mengejutkan berhasil naik podium pertama.

Saat ini, perolehan poin Rossi terpaut 42 poin dari Marc Marquez yang semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan 145 poin.

Peluang The Doctor untuk menyabet gelar juara dunia untuk yang kedelapan kalinya di kelas MotoGP memang belum sepenuhnya tertutup, mengingat MotoGP masih menyisakan 10 balapan lagi.

Namun jika menilik performa Rossi dan para pesaingnya sepanjang musim 2016 ini, peluang untuk bisa menjadi juara tampaknya bakal menemui hadangan besar dan membutuhkan banyak keberuntungan.

Musim ini, Rossi tercatat sudah tiga kali gagal menyelesaikan balapan. GP Amerika menjadi kegagalan pertama Rossi menyelesaikan seri balapan musim ini usai terjatuh pada tikungan kedua lap ketiga lantaran mengalami maslah pada ban bagian depan.

Catatan buruk Rossi terulang pada MotoGP Italia. Saat itu The Doctor kembali bermasalah dengan tunggangannya yang jebol dan mengeluarkan asap pada lap kesembilan di sirkuit Mugello.

Kegagalan Rossi menyelesaikan seri balapan pun kembali terulang di sirkuit favoritnya Assen kemarin. Rossi gagal menyelesaikan balapan setelah dirinya terjatuh pada lap 17.

Deretan kegagalan tersebut menjadi salah satu catatan terburuk Rossi sepanjang kariernya di MotoGP yang bisa menjadi sinyal Rossi tidak akan bisa meraih gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Terakhir, Rossi mencatatkan rekor tiga kali gagal finis pada musim 2006. Saat itu The Doctor gagal meraih gelar juara dunia lantaran kalah bersaing dengan Nicky Hayden.

Rossi sendiri berhasil keluar sebagai juara dunia dengan catatan gagal finis sebanyak dua kali pada MotoGP Brasil dan Qatar pada musim 2004.

Rossi berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP dengan catatan satu kali gagal menyelesaikan balapan sebanyak empat kali pada musim 2001, 2002, 2005, dan 2009.

Sedangkan pada musim 2003 dan 2008 Rossi dengan mulus keluar sebagai juara dunia tanpa sekali pun gagal menyelesaikan balapan.