Formula 1 2016

Kalahkan Vettel dan Hamilton, Media Inggris Nilai Performa Rio Haryanto Lebih Baik

Senin, 26 Desember 2016 04:04 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
 Copyright:

Pembalap bayaran, itu julukan yang disematkan kepada pembalap seperti Rio karena masuk F1 dengan membayarkan sejumlah uang kepada Manor, sebagai bentuk kesepakatan. Namun, pihak Rio tak mampu membayarnya hingga lunas, alhasil, Rio hanya menyelesaikan setengah musim balapan.

Meski begitu, performa pembalap kelahiran Surakarta, Solo itu patut diacungi jempol. Hanya mengendarai mobil tim kecil di F1, Rio mampu menyelesaikan balapan hingga garis finish, bahkan, media Inggris BBC, menilai performanya masih lebih baik ketimbang juara dunia F1 empat kali, Sebastian Vettel.

Dalam peringkat yang dikeluarkan BBC, Rio menempati urutan sembilan pembalap yang paling mengecewakan. Sementara Vettel ada di urutan tiga, menyusul di bawahnya pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Sebastian Vettel yang diharapkan bersaing dengan duo Mercedes, justru tampil melempem.

"Vettel benar-benar mengecewakan pada musim ini. Setelah meraih tiga kemenangan pada musim debut bersama Ferrari, dia gagal memenangi balapan pada 2016. Diprediksi bakal menjadi pesaing Mercedes, Vettel malah lebih sering finish di posisi keempat atau kelima," bunyi kalimat yang ditulis oleh BBC.

Sementara untuk kategori pembalap terbaik ditempati oleh Hamilton di urutan pertama, diikuti Max Verstappen, dan sang juara, Nico Rosberg. Rio Haryanto berada di urutan 12 di atas Kevin Magnussen dan Felipe Massa.

Pembalap Terbaik F1 2016 Versi BBC:

1. Lewis Hamilton (Mercedes)
2. Max Verstappen (Red Bull)
3. Nico Rosberg (Mercedes)
4. Daniel Ricciardo (Red Bull)
5. Fernando Alonso (McLaren)
....
12. Rio Haryanto (Manor)

Pembalap Terburuk F1 2016 Versi BBC:

1. Daniil Kvyat (Toro Rosso)
2. Esteban Gutierrez (Tim Haas)
3. Sebastian Vettel (Ferrari)
4. Lewis Hamilton (Mercedes)
5. Jolyon Palmer (Renault)
....
9. Rio Haryanto (Manor)

1.7K