MotoGP

Pengamat MotoGP Sebut Tiga Alasan Rossi Tidak Bicara Banyak pada Musim 2017

Kamis, 23 Februari 2017 15:24 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Carlos Pernat menilai Valentino Rossi tidak akan bicara banyak di MotoGP musim 2017 ini. Pria asal Italia itu menyebutkan beberapa faktor yang menjadi kendala Rossi untuk menjuarai MotoGP.

Pertama adalah faktor umur. Dirinya menyebutkan umur Rossi yang sudah tidak lagi muda menjadi salah satu alasan utama The Doctor untuk sulit menjadi yang terbaik di musim 2017 nantinya.

“Umur Rossi sudah menginjak 38 tahun. Walau saya akui dirinya mengendarai motornya seperti umur 25 tahun, namun untuk dapat menjuarai MotoGP di kelasnya adalah hal yang sulit,” ucapnya kepada Tuttomotoriweb.

Kedua adalah faktor hubungan Maverick Vinales sebagai rekannya di Tim Movistar Yamaha. Menurut Pernat, hubungan Rossi dan Vinales yang kini sedang adem ayem, dapat berubah menjadi hubungan yang panas ketika kompetisi sudah dimulai.

Rossi (kiri) bersama dengan Carlos Pernat.

“Rekan dalam satu tim bisa menjadi musuh utama dalam persaingan gelar juara. Permusuhan bisa dapat terjadi dalam bentuk psikologis. Ditambah lagi dengan Vinales yang selalu menjadi yang terbaik dalam uji coba MotoGP di Sepang dan Australia,” tuturnya.

Sedangkan yang terakhir adalah masalah dalam pengaturan motornya. Rossi dinilai terlalu perfeksionis. Pria kelahiran 38 tahun silam itu dinilai selalu ingin menjadi yang sempurna untuk tunggangannya, bahkan dengan cara yang tidak baik sekalipun.

“Rossi selalu ingin menjadi yang sempurna, dirinya teliti terhadap setting-an motornya. Bahkan, Rossi akan mencari kesempurnaan tersebut dengan mengorbankan hal-hal secara tidak benar. Itu sudah menjadi rahasia umum untuk dirinya menjadi yang terbaik saat balapan,” tambahnya.

Kini, Rossi sedang mempersiapkan dirinya dalam uji coba yang akan berlangsung pada 10 hingga 12 Maret 2017 di Sirkuit Losail, Qatar.

187