MotoGP

Marquez: Hati-hati dengan Pedrosa!

Kamis, 16 Maret 2017 12:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© http://motogp.hondaracingcorporation.com/
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Copyright: © http://motogp.hondaracingcorporation.com/
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Juara dunia MotoGP tahun lalu, Marc Marquez, tampaknya akan mengalami persaingan berat dalam memperebutkan gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Pasalnya, pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales mencatat hasil mengagumkan dengan menguasai ketiga tes pramusim lalu. Sementara Marquez sendiri mengalami kendala dengan fairing baru Honda yang sempat membuatnya terjatuh dan tak maksimal selama uji coba.

Dalam wawancara yang dimuat laman resmi MotoGP, Marquez mengungkapkan ada empat pembalap yang menjadi rival utamanya musim ini.

"Kurang lebih sama dengan setiap tahunnya. Rossi, Vinales, dan Pedrosa. Kita lihat nanti dengan Lorenzo, karena ia bisa menjalani balapan bagus dan apakah ia bisa naik podium tiap minggunya adalah misteri. Namun itu menjadi indikasi jika ia mampu menang Kejuaraan Dunia," ujar pembalap 24 tahun itu.

Marc Marquez dalam uji coba pramusim MotoGP lalu.

Khusus mengenai Pedrosa, Marquez ternyata juga sangat mengantisipasi rekan setimnya itu. Meski Pedrosa tak belum pernah meraih gelar juara dunia, ternyata Marquez tak mau menganggap remeh pembalap berjuluk Little Spaniard itu. "Dani menjalani tes dengan diam-diam tetapi melakoni pramusim dengan bagus. Saya ada di sana dan saya menyaksikan bagaimana ia bekerja. Hati-hati dengan Dani," ujarnya pada Sport Rider.

Padahal Pedrosa sendiri mengakui ia tidak memulai tes pramusim dengan awal yang baik. Namun semenjak akhir Januari, ia yakin Honda telah membuat langkah positif, khususnya dengan perangkat elektroniknya. "Di antara Sepang dan Australia, dan di Jerez, kami telah meningkatkan diri," katanya.

Dalam total tiga hari tes pramusim terakhir di Sirkuit Losail, Qatar, Marquez hanya berada di posisi ke-11 dengan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 54,990 detik. Sementara Pedrosa menduduki posisi ketiga dengan waktu 1 menit 54,469 detik.