MotoGP

Bos Aprilia: Fairing Kami Paling Sesuai dengan Aturan

Sabtu, 18 Maret 2017 21:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Aprilia
Dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Sam Lowes. Copyright: © Aprilia
Dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Sam Lowes.

Peraturan baru MotoGP yang melarang penggunaan winglet membuat seluruh tim musim ini berlomba untuk mengakali aturan tersebut. Dalam tes pramusim yang berlangsung tiga kali kemarin pun para tim memamerkan desain baru fairing mereka. Yang paling radikal tentu saja desain milik Ducati dengan fairing besarnya.

Namun manajer tim Aprilia, Romano Albesiano, tak yakin jika desain Ducati itu akan diterima di musim ini. Ia pun menganggap desain aerodinamis yang dipakai Aprilia adalah yang paling sesuai dengan peraturan baru. Ia juga berkata seharusnya seluruh motor MotoGP harus memakai desain yang konvensional.

"Kami membuat interpretasi dengan aturan tersebut. Desain kami adalah yang paling baik, paling ketat dalam mematuhi aturan, dengan semangatnya, yakni memiliki fairing yang standar," ujarnya kepada Crash.

Fairing baru Ducati.

"Dalam fairing standar yang kami buat, kami berusaha untuk mendapat downforce lebih. Yamaha dan Honda membuat sebagian dari desain ini karena mereka menaruh sesuatu di dalamnya. Ducati membuat sesuatu yang jauh dari pemahaman kami terhadap aturan. Sangat sulit untuk menyesuaikan dengan aturan. Hakim terakhir yang bisa menilainya adalah direktur teknis dari kejuaraan ini," lanjutnya.

Albesiano pun menyatakan jika Ducati memiliki desain yang paling radikal. "Jika Anda bandingkan fairing kami dengan Ducati, Anda bisa lihat desain mereka lebih radikal. Namun jika yang dipakai Ducati dibolehkan, baiklah, sekarang kami tahu kami bisa ke titik ini, atau bahkan lebih," tutupnya.