MotoGP

Mamola: Rossi di Bawah Bayang-bayang Vinales

Rabu, 22 Maret 2017 07:17 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© MANAN VATSYAYANA/AFP/Getty Images
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Copyright: © MANAN VATSYAYANA/AFP/Getty Images
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Valentino Rossi gagal bersinar selama uji coba pramusim yang berlangsung di tiga sirkuit lalu. Ia dibayangi oleh kegemilangan rekan anyarnya, Maverick Vinales, yang tampil terbaik di ketiga tes pramusim tersebut.

Banyak pihak pun menyatakan bahwa perebutan gelar juara dunia musim ini berada di tangan Vinales dan pembalap Honda, Marc Marquez. Vinales bahkan tak pernah mengalami insiden dalam tes pramusim, sedangkan Marquez dan Rossi sempat terjatuh. Dengan performanya ini, Vinales bisa menjadi pembalap yang diutamakan Yamaha musim ini.

Ancaman dari Vinales tak hanya mempengaruhi Rossi, tetapi juga sang juara bertahan, Marquez. Persaingan keduanya tentu akan menambah drama dan membuat balapan 2017 akan lebih seru.

Mantan pembalap dan komentator Randy Mamola pun mengkhawatirkan bagaimana performa The Doctor di musim ini. Namun dengan segudang pengalaman dan koleksi tujuh gelar dunianya, Mamola meragukan apakah Rossi telah mengerahkan kemampuannya sejauh ini.

Marquez yang 14 tahun lebih muda daripada Rossi, bisa diuntungkan dengan keadaan ini. Rossi tentu tak mau mengambil risiko lebih yang bisa membahayakan dirinya. Apalagi jadwal balapan MotoGP lebih padat dibandingkan balapan-balapan motor era dulu.