MotoGP

Dikalahkan Vinales, Rossi Akan Pensiun?

Sabtu, 25 Maret 2017 11:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Image
Pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi. Copyright: © PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Image
Pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi.

Valentino Rossi belum bisa keluar dari bayang-bayang rekan anyarnya, Maverick Vinales, di permulaan musim MotoGP 2017. Vinales yang tampil mendominasi selama tes pramusim dan sesi latihan bebas, menjadi favorit baru untuk mendapatkan gelar juara dunia musim ini.

Sementara Rossi sendiri tampil meredup sejauh ini. Ia bahkan harus terjungkal di posisi sepuluh pada sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Losail, Qatar. Hasil yang ia raih ini berjarak 0,956 detik dengan Vinales yang menempati posisi pertama.

Legenda balapan 500 cc, Kevin Schwantz, pun memprediksi Rossi akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim jika Vinales mengalahkannya habis-habisan. Apalagi sang juara dunia tujuh kali ini pernah bilang ingin menjajal kompetisi lain yang belum pernah ia kuasai.

"Rossi berkata dia ingin membalap di Le Mans (balap ketahanan 24 jam), dan melakukan hal lain yang belum pernah ada dalam daftar prestasinya. Ia sudah mempersiapkan diri. Apakah saya berpikir ia akan pensiun akhir musim ini jika dibabat Maverick dari minggu ke minggu? Bisa saja," tutur Schwantz pada Motorsport.

"Saya akan senang melihatnya satu atau dua tahun lagi (di MotoGP), tapi ia akan susah tidur jika berada dalam situasi tersebut dan berpikir, 'rekan setim mengalahkan saya di setiap lap'," lanjutnya.

Namun Schwantz masih memperkirakan Rossi bisa masuk menjadi tiga besar bersama Vinales dan Marquez. Rossi harus bisa mengambil celah saat persaingan Vinales dan Marquez makin meruncing dan menyelinap menjadi juara dengan segudang pengalaman dan konsistensinya.