Formula 1

Tak Tergoyahkan, Hamilton Raih Gelar Kelima di GP China

Minggu, 9 April 2017 15:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Getty Images
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, keluar sebagai pemenang GP China. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, keluar sebagai pemenang GP China.

Lewis Hamilton tak tergoyahkan selama jalannya balapan Grand Prix China yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (09/04/17). Pembalap Mercedes ini tak sekalipun disusul oleh pembalap lain selama balapan. Kemenangan ini merupakan kemenangannya yang kelima di Shanghai, setelah menjadi juara pada 2008, 2011, 2014, dan 2015.

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton start dari posisi terdepan di Grand Prix China yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (09/04/17). Hingga lap ketiga, Hamilton masih memimpin, di belakangnya Sebastian Vettel dan Valtteri Bottas menyusul. Namun start terbaik dilakoni oleh Max Verstappen yang start dari posisi ke-16, langsung ke posisi 7. Sementara Fernando Alonso yang start di posisi 13, melaju ke posisi 8.

Di awal balapan, pembalap Force India Sergio Perez dan pembalap Williams, Lance Stroll bertubrukan. Stroll terpaksa tersingkir dari balapan. Di lap keempat, giliran pembalap Sauber, Antonio Giovinazzi yang keluar dari balapan. Pembalap pengganti Pascal Wehrlein itu kehilangan kendali dan menabrak pembatas.

Memasuki lap ke-11, lintasan mulai mengering. Verstappen membuat kejutan dengan membuntuti Hamilton di posisi kedua. Di putaran ke-13, rekan setim Verstappen, Daniel Ricciardo menyeruak ke posisi 3 dengan mengasapi Vettel dan Kimi Raikkonen. Sementara nasib kurang beruntung dialami Stoffel Vandoorne keluar dari balapan karena masalah bahan bakar di lap ke-18.

Hingga lap ke-35, Hamilton masih mendominasi dengan tak dapat disalip oleh siapa pun. Sementara kedua pembalap Ferrari kembali membuntutinya di posisi 2 dan 3. Fernando Alonso menjadi pembalap kelima setelah Daniil Kvyat yang harus keluar balapan karena mesin McLaren-nya kembali bermasalah.

© Twitter/@F1
Caption Copyright: Twitter/@F1Hasil balapan GP China, Minggu (09/04/17).

Hamilton tak terkalahkan dari awal balapan hingga akhirnya memenangkan GP China ini. Sementara juara di Grand Prix Qatar lalu, Vettel, menyusul di belakangnya dengan jarak 6,250 detik. Kejutan diraih oleh Verstappen yang start dari posisi ke-16 dan mampu finish di posisi ketiga.

Kemenangan Hamilton ini juga menandai kemenangannya yang ke-54 sepanjang kariernya dan kelima di Sirkuit Internasional Shanghai.