Formula 1

5 Hal yang Harus Dibenahi Hamilton dan Mercedes untuk Kejar Vettel

Selasa, 18 April 2017 14:55 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter@F1
Lewis Hamilton mengucapkan selamat untuk Sebastian Vettel di GP Australia 2017. Copyright: © twitter@F1
Lewis Hamilton mengucapkan selamat untuk Sebastian Vettel di GP Australia 2017.

Dominasi tim Mercedes AMG selama tiga tahun terakhir mulai digoyahkan oleh Ferrari yang mulai bangkit di musim balap 2017 ini. Melalui pembalapnya, Sebastian Vettel, Ferrari sudah mengoleksi dua kemenangan dari tiga seri balapan pertama musim ini, yakni di GP Australia dan GP Bahrain.

Sementara pembalap Mercedes yang difavoritkan meraih gelar juara dunia tahun ini, Lewis Hamilton, baru meraih satu kemenangan di GP China lalu. Melihat hal ini, The Sun Sport merangkum lima hal yang harus segera dibereskan oleh Mercedes bersama Hamilton dan Valtteri Bottas untuk menutup jarak dengan Vettel.

Yang pertama, Hamilton sebaiknya mulai mengindahkan perintah dari timnya. Sudah bukan saatnya ia membangkang dari aturan yang ditetapkan Mercedes dan bosnya, Toto Wolff seperti yang ia lakukan pada musim lalu. Penggunaan aturan dari tim juga memudahkan mereka untuk mengontrol hasil balapan.

Selanjutnya, Mercedes harus segera meminimalisasi kesalahan. Sejak adanya peraturan F1 baru, Mercedes tampak kehilangan penguasaan diri. Pada balapan di Bahrain kemarin, mereka membuat kesalahan dengan memanggil Hamilton ke dalam pit dua kali, generator tak berjalan, pemberhentian Bottas di pit pertama terlalu lama, dan sayap DRS Hamilton tak bekerja saat kualifikasi.

© Clive Mason / Staff / Getty Images
Caption Copyright: Clive Mason / Staff / Getty ImagesLewis Hamilton, Sebastian Vettel, dan Valtteri Bottas di podium GP Bahrain 2017.

Dari segi pembalapnya, Bottas sendiri, mewariskan kokpit dari juara dunia tak pernah mudah. Meski sejauh ini pencapaiannya lebih baik ketimbang saat ia di Williams, ia baru meraih pole position di Bahrain. Ia pun berang saat diperintahkan timnya untuk mempersilakan Hamilton melewatinya saat balapan. Maka, pembalap Finlandia ini harus bekerja ekstra agar tak dikesampingkan timnya sendiri.

Sementara untuk Hamilton sendiri, selain harus menjaga keharmonisan dengan rekan setimnya, ia harus banyak sabar dengan sang bos. Pun dengan Mercedes yang wajib segera melakukan perbaikan agar Hamilton tak kehilangan poin dan kesempatan menjadi juara dunia seperti musim lalu.

Problem terakhir adalah masalah kecepatan mobil W08-nya. Di sesi latihan bebas dan kualifikasi, Mercedes memang cepat dan selalu meraih pole position. Namun pada saatnya balapan, itu perkara lain. Mercedes dinilai belum mampu menangani aturan baru yang mengharuskan pemakaian ban yang lebih lebar. Ditambah, orang yang mengawasi perkembangan mobil musim ini, Paddy Lowe, telah pindah ke Williams.