MotoGP

Respon Rossi dan Marquez soal Keputusan Alonso Pilih Indy 500 Ketimbang GP Monaco

Jumat, 21 April 2017 10:44 WIB
Editor: Ramadhan
© Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya. Copyright: © Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya.

Sebelumnya pada Rabu (12/04/17) lalu, pembalap F1 dari tim McLaren-Honda, Fernando Alonso mengumumkan akan mengikuti ajang balapan terbesar dunia, Indianapolis (Indy) 500 di Indianapolis Motor Speedway. Alonso akan membalap bersama tim McLaren yang bekerja sama dengan Andretti Autosport dan Honda.

Tampil di Indy 500 membuat Alonso dipastikan akan melewatkan kesempatan untuk tampil di balapan F1 GP Monaco yang berlangsung pada 25-28 Mei nanti. Sedangkan Indy 500 sendiri akan berlangsung dari 15 hingga 28 Mei.

“Saya sangat senang akan membalap di Indy 500 tahun ini bersama McLaren, Honda, dan Andretti Autosport. Indy 500 adalah balapan paling terkenal di kalender motorsport global, hanya bersaing dengan Le Mans 24 Hours dan GP Monaco,” kata Fernando Alonso saat itu. seperti dilansir Crash.

Keputusan tersebut pun membuat banyak pihak terkejut, termasuk dua pembalap terbaik MotoGP saat ini, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

“Keputusan yang mengejutkan karena memang aneh bahwa Alonso tidak akan balapan di Monaco,” kata pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers jelang GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin.

© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: Sky SportsPembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

“Namun, saya rasa karena situasi dengan mobil (F1-nya) yang sedang sulit, sehingga membuatnya ingin mencoba sesuatu yang lain,” tambah pembalap yang dijuluki The Doctor tersebut.

Senada dengan Rossi, pembalap Repsol Honda, Marquez juga cukup terkejut dengan keputusan Alonso meninggalkan balapan F1 GP Monaco dan memutuskan ikut di ajang Indy 500.

“Keputusan itu memang sulit untuk dimengerti karena Monaco merupakan salah satu lintasan yang bagus dan mungkin dengan McLaren dia (Alonso) bisa mendapatkan hasil yang bagus,” ujar Marc Marquez.

Meski mengaku terkejut dengan keputusan Alonso, namun Rossi dan Marquez juga menanti penampilan Alonso di Indy 500. Bagi keduanya, Alonso memiliki potensi yang cukup bagus untuk membalap di lintasan oval.

“Akan sangat menarik melihat potensi Alonso di Indy karena balapan tentu akan sangat berbeda, terutama saat Anda balapan di lintasan berbentuk oval,” sambung Rossi.

Sebenarnya selain MotoGP, Rossi sendiri sudah pernah menjajal beberapa mobil balap. Seperti diketahui, pembalap asal Italia itu pernah memacu kecepatan mobil balap F1 milik tim Ferrari, lalu Rossi juga pernah menjajal mobil NASCAR di sirkuit berbentuk oval.

“Saya pernah balapan (di lintasan oval) dengan mobil NASCAR dan itu sangat menarik, tetapi Anda tahu bahwa itu sangat berbeda,” lanjut pembalap berusia 38 tahun itu.

© Internet
Caption Copyright: InternetValentino Rossi dan Marc Marquez.

“Indy 500 merupakan balapan yang sulit dimengerti dari luar (balapan). Kamu harus sangat beruntung, slipstream-nya sangat aneh. Namun, Alonso punya kemampuan. Dengan bakat yang dia punya, saya rasa dia akan sangat cepat,” tandas sang pemilik 3 gelar juara dunia MotoGP, Marc Marquez.  

Sejak balapan F1 musim 2017 dimulai, Alonso masih belum tampil oke sejauh ini. Dari 3 seri perdana, Alonso 2 kali gagal menyelesaikan balapan di Australia dan China. Pada gelaran seri ketiga di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Alonso finis di posisi ke-14 dan saat ini ia bertengger jauh di peringkat bawah ke-19 tanpa catatan poin.

Sementara Rossi dan Marquez saat ini sudah berada di Austin bersama para pembalap MotoGP lainnya. Mereka akan tampil di seri ke-3 GP Americas yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), 21-23 April besok lusa.