MotoGP

Rossi Puncaki Klasemen, Begini Kata Lorenzo

Rabu, 26 April 2017 03:49 WIB
Editor: Ramadhan
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jorge Lorenzo saat akan uji coba Sirkuit Sepang. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jorge Lorenzo saat akan uji coba Sirkuit Sepang.

Valentino Rossi berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedua pada seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Circuit of the Americas. Hasil itu membuat Rossi berhasil naik ke posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2017.

Rossi menggusur posisi rekan setimnya, Maverick Vinales yang sebelumnya memuncaki klasemen dengan catatan dua kali kemenangan di dua seri awal balapan. Keberhasilan Rossi tersebut juga tak lepas dari kegagalan Vinales yang tak bisa menyelesaikan balapan karena terjatuh.

Pencapaian Rossi tersebut ternyata mendapatkan respon baik dari mantan rekan setimnya musim lalu, Jorge Lorenzo. Pembalap berusia 29 tahun yang musim ini membela Ducati tersebut pun melontarkan pujian kepada The Doctor.

“Valentino (Rossi) menunjukkan, bahwa MotoGP adalah kejuaraan yang bisa dimenangi secara reguler, dengan selalu finish di podium,” kata Jorge Lorenzo seperti dilansir motosport.

“(Marc) Marquez membuat kesalahan di Argentina dan (Maverick) Vinales terjatuh. Ada tiga podium beruntun yang berhasil diraih Valentino, jadi saya mengucapkan selamat kepadanya,” lanjut Lorenzo.

Pembalap yang identik dengan nomor 99 itu juga salut dengan kegigihan Rossi. Bagi Lorenzo, Rossi adalah sosok yang patut dicontoh mengingat performanya yang tetap apik meski sudah terbilang sangat tua.

© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Jorge Lorenzo saat uji coba Sirkuit Sepang. Copyright: MOHD RASFAN/AFP/Getty ImagesJorge Lorenzo saat uji coba Sirkuit Sepang.

“Saya selalu katakan Rossi adalah contoh hebat bagi semua orang. Dalam usia 38 tahun, dia selalu melanjutkan untuk bekerja maksimal dan tidak pernah menyerah, serta dia (sekarang) adalah pemimpin klasemen,” tandasnya.

Lorenzo sendiri finish di posisi kesembilan pada gelaran MotoGP Amerika. Hasil tersebut cukup baik bagi Lorenzo karena ia hanya finish di posisi ke-11 pada MotoGP Qatar dan gagal finish di MotoGP Argentina.

Saat ini Lorenzo berada di posisi ke-13 klasemen sementara MotoGP 2017 dengan koleksi 12 poin. Sementara Rossi yang berada di puncak klasemen mencatatkan 56 poin, disusul Vinales dengan 50 poin di tempat kedua. Sementara Marc Marquez berada di posisi ketiga dengan 38 poin.