MotoGP

Rossi dkk Komplain Permukaan Sirkuit Austin yang Tidak Rata

Sabtu, 29 April 2017 04:33 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Valentino Rossi. Copyright: © Getty Images
Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Valentino Rossi.

Sejumlah pembalap MotoGP menuntut pihak Circuit of The Americas untuk membenahi permukaan sirkuitnya yang dinilai tidak rata. Jika kondisinya semakin parah, mustahil bisa melakukan balapan GP Amerika Serikat di sana pada musim depan.

Kondisi permukaan trek yang bergelombang sudah dikhawatirkan para pembalap sejak lama. Valentino Rossi yang finish kedua di balapan Amerika kemarin, mengkritik upaya perbaikan sirkuit yang sebelumnya dilakukan tetapi tidak maksimal.

"Beberapa tahun silam, sirkuit ini sudah punya beberapa tonjolan dan kami sudah berbicara untuk memperbaikinya dan mereka membuat perbaikan yang tak begitu bagus. Mereka harus melakukannya dengan serius dan mencoba membenahi lubang-lubang yang sangat dalam," beber Rossi, seperti dikutip Motorsport.

© F1 Fanatic
Circuit of The Americas Copyright: F1 FanaticCircuit of The Americas.

Dani Pedrosa yang juga naik podium bersama Rossi, malah pernah berkata trek COTA seperti lintasan supercross. Ia senada dengan Rossi yang menyarankan perbaikan lintasan harus dikerjakan dengan serius.

"Ada beberapa titik di mana tonjolannya sangat besar. Sulit sekali mengontrol motor saat berjalan 300 km per jam. Sangat penting untuk melakukan pembenahan, dan jika tahun depan lintasannya semakin buruk, semakin sulit pula untuk membalap di sini."

"Jika musim depan masih sama dengan musim ini, mustahil kami bisa balapan. Semoga mereka memperbaiki permukaan yang tidak rata atau melapisi kembali aspal treknya," saran Aleix Espargaro.