Formula 1

Kurang Gereget di Latihan Bebas, Vettel Sebut Mercedes Sengaja Melambat

Sabtu, 29 April 2017 10:55 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sesi latihan bebas kedua atau Free Practice 2 (FP2) F1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, memang sudah berakhir. Di sesi tersebut, duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen masing-masing berhasil menempati posisi pertama dan kedua.

Lalu, posisi ketiga dan keempat ditempati duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Kedua pembalap andalan Mercedes tersebut dianggap tak bisa menyamai laju Ferrari dan bahkan Bottas yang berada di posisi ketiga terpaut cukup jauh pada FP2, 0,6 detik lebih lambat dari Vettel.

Terkait laju Mercedes yang kurang menggigit dan kalah dari Ferrari di sesi latihan bebas tersebut, Vettel pun memiliki analisis sendiri. Pembalap asal Jerman itu menganggap jarak antara Mercedes dengan timnya sebagai jarak yang palsu dan ia yakin Mercedes akan menunjukkan laju yang sebenarnya di sesi berikutnya.

Vettel pun menegaskan bahwa memang Mercedes sengaja melambat. "Ya, saya pikir mereka akan baik-baik saja. Ini sirkuit yang cocok untuk mereka, jadi mereka akan tampil kuat besok," ujar Sebastian Vettel seperti diberitakan motorsport.

© twitter@F1
Lewis Hamilton mengucapkan selamat untuk Sebastian Vettel Copyright: twitter@F1Lewis Hamilton mengucapkan selamat untuk Sebastian Vettel

"Jika tidak salah, tahun lalu banyak orang yang mengira Williams sebagai mobil yang paling cepat setelah sesi hari Jumat. Tapi akhirnya ya memang Mercedes," sambungnya.

"Terkadang orang bisa terkecoh, dan saya pikir banyak hal yang bisa kita atur di mobil: jumlah bahan bakar atau setelan mesin," imbuhnya.

"Ini trek spesialis Mercedes. Sudah pasti mereka tidak menunjukkan potensi mereka hari ini. Lagi pula mereka juga tidak melakukan satu putaran yang bersih, jadi jarak yang Anda lihat saat ini adalah jarak yang palsu," jelasnya.