Formula 1

Gagal Naik Podium di Rusia, Hamilton: Ini Bukan Kiamat

Senin, 1 Mei 2017 08:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© XPB Images/PA
Lewis Hamilton (kanan) memberi selamat kepada Valtteri Bottas yang memenangkan GP Rusia. Copyright: © XPB Images/PA
Lewis Hamilton (kanan) memberi selamat kepada Valtteri Bottas yang memenangkan GP Rusia.

Lewis Hamilton hanya finish keempat dalam seri balapan Formula 1 keempat dengan hasil terpaut 36,320 detik dari sang juara, Valtteri Bottas. Pembalap Inggris ini gagal mengulang prestasinya pada musim 2014 dan 2015 di Sirkuit Sochi. Untungnya sang rekan setimnya mampu melanjutkan tren kemenangan Mercedes di GP Rusia.

Usai balapan, Hamilton pun bingung saat ditanya apa yang salah dengannya hingga tak bisa naik podium kali ini. Namun alih-alih kecewa, ia masih bisa bernapas lega karena peringkatnya di papan klasemen belum berubah. Ia masih duduk di peringkat dua dengan 73 poin, terpaut 13 poin dari Sebastian Vettel yang berada di posisi teratas klasemen.

"Saya tak bisa menjelaskannya saat ini, tapi kami akan melakukan beberapa pekerjaan minggu ini untuk memahaminya. Saya butuh untuk mengerti kecepatan saya dan di mana saya melakukan kesalahan, lalu baru kembali bertarung," tutur Hamilton usai balapan.

"Saya masih kedua di (klasemen) kejuaraan, jadi ini bukan akhir dunia. Namun saya butuh mengembalikan kecepatan yang saya punya karena ini adalah akhir pekan yang sangat tidak seperti biasanya," tambah pembalap 32 tahun ini.

© Getty Images
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton. Copyright: Getty ImagesPembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Hamilton pun tak ketinggalan untuk mengucapkan selamat untuk rekan satu timnya yang memenangkan balapan F1 pertamanya. Ia juga bersyukur masih bisa mencetak poin bagus bagi Mercedes.

"Selamat untuk Valtteri. Ia melakukan pekerjaan luar biasa hari ini dan ia pantas mendapatkannya. Sepanjang minggu ia sudah sangat cepat dan melakukan pekerjaan bagus untuk tim. Ia adalah rekan setim yang hebat diajak kerja sama dan pasti mendapat perasaan luar biasa dengan menang Grand Prix pertamanya," ucapnya lagi.