GP Rusia

(VIDEO) Insiden Jari Tengah Vettel kepada Massa di Ujung Balapan GP Rusia

Senin, 1 Mei 2017 07:35 WIB
Editor: Ramadhan
© Will Taylor-Medhurst/Getty Images
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Copyright: © Will Taylor-Medhurst/Getty Images
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Sebuah insiden terjadi di penghujung balapan seri keempat Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Rusia untuk merebut posisi terdepan di Sirkuit Sochi, Minggu (30/04/17). Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel terlibat insiden dengan pembalap Williams, Felipe Massa di lap terakhir mendekati garis finis.

Vettel kesal kepada Massa karena merasa dihalangi saat dirinya ingin mengejar pembalap Mercedes, Valtteri Bottas yang menempati posisi terdepan. Memasuki putaran terakhir, Bottas dan Vettel memang hanya dipisahkan jarak kurang dari satu detik.

Yang mengejutkan, Bottas akhirnya berhasil menyalip mobil Massa, yang merupakan mantan rekan setimnya, dengan mudah di tikungan kedua. Sementara Vettel harus melakukan penyalipan yang tak biasa untuk melewati Massa dari sisi dalam di tikungan keempat.

Alhasil, Vettel pun kehabisan waktu untuk mengejar Bottas karena sudah mendekati garis finis. Pembalap asal Jerman itu harus puas finis di posisi kedua meski memulai balapan di posisi pertama. Vettel hanya berjarak 0,6 detik dari Bottas setelah finis, sedangkan Massa finis di posisi kesembilan dengan jarak lebih dari satu lap.

© Twitter/Scuderia Ferrari
Sebastian Vettel mencatat waktu tercepat di FP 2 GP Rusia 2017. Copyright: Twitter/Scuderia FerrariSebastian Vettel di GP Rusia 2017.

Pada momen itu, Vettel sempat mengacungkan jari tengahnya kepada Massa. Pembalap berusia 29 tahun itu tak segan mengungkapkan kekesalannya kepada Massa. Vettel pun menganggap Massa sengaja membantu Bottas, yang merupakan mantan rekan setimnya musim lalu.

“Dia (Massa) merugikanku. Pertama-tama, dia memberikan tarikan yang enak pada Valtteri (Bottas) di putaran terakhir dan saat itu saya berada di daerah DRS, sehingga cukup sulit untuk dilakukan,” kesal Vettel seperti dilansir motosport.

“Dan kemudian dia (Massa) membiarkan dia (Bottas) lewat dan saya tidak tahu apakah dia tahu ada mobil lain yang akan lewat. Kurasa tidak, mungkin,” jelas pembalap asal Jerman tersebut.

“Sudah jelas Felipe (Massa) menguntungkan dia (Bottas) dua kali. Satu saat memberikan tarikan yang menyenangkan dan kemudian dia membuatku rugi waktu. Tapi begitulah yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah kalah,” pungkasnya.

Meski finis di posisi kedua, Vettel masih tetap kokoh di puncak klasemen sementara F1 musim 2017. Mantan pembalap Red Bull itu mengoleksi total 86 poin, sedangkan Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan 73 poin, dan Bottas di posisi ketiga dengan catatan 63 poin.