Formula 1

Mobil F1 Bersejarah Milik Schumacher Akan Dilelang

Kamis, 11 Mei 2017 16:56 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© autoweek.com/BONHAMS
Mobil Benetton-Cosworth saat dikendarai Nelson Piquet. Copyright: © autoweek.com/BONHAMS
Mobil Benetton-Cosworth saat dikendarai Nelson Piquet.

Mobil bekas bersejarah milik Michael Schumacher akan segera dilelang. Mobil tersebut merupakan mobil pertama sang pembalap legenda saat terjun ke lintasan F1 dan direkrut oleh tim Benetton pada 1991. Mobil tersebut bernama Benetton-Cosworth Ford B191.

Tak hanya menyimpan kenangan bagi Schumacher, mobil ini juga berharga bagi sejumlah pembalap lain. Mobil tersebut pertama kali mengaspal di GP San Marino 1991 dengan Roberto Moreno di balik kemudinya. Masih di tahun yang sama, Nelson Piquet memenangkan GP Kanada dengan mobil ini.

Mobil Ford itu kemudian dibawa balapan lagi pada GP Prancis sebelum dikendarai oleh Schumacher di GP Jepang dan Australia. Meski Schumacher tercatat sebagai pembalap Benetton yang paling kompetitif, tetapi ternyata balapannya dengan mobil ini tak berjalan mulus. Schumacher sempat mengalami insiden di dua GP tersebut.

© autoweek.com/BONHAMS
Michael Schumacher Copyright: autoweek.com/BONHAMSMobil pertama Michael Schumacher.

Pada akhirnya, mobil ini pun dimuseumkan. Namun pihak pelelangan Bonhams menyatakan, mobil ini dalam kondisi baik dan siap mengaspal. Bonhams menaksir nilai mobil ini senilai 820 ribu dolar AS hingga satu juta dolar, atau sekitar Rp10,9 miliar hingga Rp13,3 miliar.