F1 GP Spanyol

Vettel Frustrasi di Sesi Latihan Bebas GP Spanyol, Apa Penyebabnya?

Sabtu, 13 Mei 2017 04:07 WIB
Editor: Ramadhan
© Twitter
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel Copyright: © Twitter
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel

Pembalap andalan Ferrari, Sebastian Vettel tampil kurang maksimal saat menjalani sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya. Vettel harus puas hanya berada di posisi keempat tak hanya di FP1, tapi juga pada FP2.

Bahkan Vettel dikalahkan rekan setimnya sendiri, Kimi Raikkonen yang berhasil menempati posisi ketiga di FP1 dan juga FP2. Vettel pun mengaku cukup frustrasi dengan jalannya sesi tersebut hingga ia harus berjuang keras memacu mobilnya.

Tak hanya itu, saat tampil di FP1, Vettel juga mengalami masalah ban kiri bagian belakang, dan terpaut 0,4 detik lebih lambat dari pemuncak FP2, Lewis Hamilton.

“Saya tidak merasa senang. Saya kesulitan mendapatkan ritme, dan saya juga kesulitan dengan kondisi di sini,” kata Sebastian Vettel seperti dilansir Motorsport.

“Saya bisa merasakan potensi mobil, jadi itu hal yang positif. Saya tidak terlalu khawatir, saya hanya kesal dengan jalannya sesi latihan hari ini,” terang pembalap asal Jerman tersebut.

© Twitter
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel Copyright: TwitterPembalap Ferrari, Sebastian Vettel

"Dari balik kemudi mobil, saya merasa tidak sepenuhnya dalam kendali. Seolah-olah ada orang lain yang menyetiri mobil saya. Mudah-mudahan besok masalah itu sudah bisa hilang."

Vettel, yang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara F1 2017, mengatakan hampir semua pembalap kesulitan dengan ban yang mereka gunakan.

“Jika anda melihat long-run kami, maka hari ini benar-benar mengejutkan. Saya melihat sekilas, dan semua pembalap benar-benar kesulitan dengan kondisi ini. Ketika saya memakai kompon medium, rasanya cukup licin, benar-benar menarik,” tandasnya.

“Pembalap-pembalap lain mengalami degradasi tinggi saat memakai kompon soft. Secara keseluruhan, ban terasa lumayan keras, saya tidak tahu mengapa. Tapi saya mengira konstruksi Pirelli yang cukup konservatif saat kita berada di Barcelona,” ujarnya.

“Pada hari Minggu nanti, mudah-mudahan kondisi bisa semakin tenang dan trek semakin lengket,” pungkas pembalap berusia 29 tahun itu.