Berduka, Kampung Halaman Nicky Hayden Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Selasa, 23 Mei 2017 09:51 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006. Copyright: © JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006.

Nicky Hayden pernah membawa bendera Amerika Serikat berkibar di lintasan balap MotoGP. Kepergiannya mengakhiri kiprah pembalap Negeri Paman Sam di kelas premier.

Selain meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2006 lalu, Hayden juga mengukir prestasi di balapan Superbike World Championship (WSBK). 

Pada tahun debutnya di ajang tersebut, Nicky meraih kemenangan perdana di sirkuit Sepang, Malaysia, pada 2016. Ia finish di posisi 5 dalam balapan musim itu.

Bagi Amerika, dan terutama Owensboro, kota kelahirannya, Nicky menjadi salah satu warga yang spesial. Tak heran, Walikota Owensboro, Tom Watson, meminta warganya mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda duka.

"Saya sangat berduka mendengar kepergian salah satu putra terbaik Owensboro yang telah merepresentasikan kota ini dengan baik," tulisnya di akun twitter resmi Kota Owensboro.

"Kami sampaikan belasungkawa pada keluarga, teman, dan para penggemar."

Di Owensboro, Hayden lahir pada 30 Juli 1981. Di kota tersebut, bersama keluarga dan teman-temannya, ia mulai berkenalan dengan dunia balap sejak belia. Saat masih duduk di bangku sekolah pada usia 18 tahun, ia meraih gelar juara AMA Supersport.