x

Rossi Larang F1 Gelar Balapan di Sirkuit Assen, Ada Apa?

Jumat, 29 Juni 2018 17:13 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman.

Legenda hidup MotoGP yang hingga kini masih berjuang di lintasan untuk memperebutkan gelar musim ini, Valentino Rossi membuat sebuah pernyataan yang mengejutkan. 

Hal tersebut rupanya berkaitan dengan Sirkuit Assen, lintasan yang akan mereka hadapi dalam ajang balap MotoGP Assen 2018 pada akhir pekan ini, Minggu (30/06/18) mendatang. 

Baca Juga

1. Cuma untuk MotoGP

Valentino Rossi gunakan helm khusus di Sirkuit Mugello.

Rossi mengungkapkan bahwa sebaiknya Formula 1 yang berencana memasukkan Sirkuit Assen dalam kalender mereka musim 2019 mendatang, untuk membatalkan ide tersebut. 

Bagi pembalap Italia itu, Sirkuit Assen yang diperuntukkan untuk balap motor MotoGP, jika dilihat dari sejarahnya. Bukan untuk perhelatan balap mobil sekelas Formula 1. 

"Saya harap mereka tidak datang karena F1 punya banyak lintasan yang bisa mereka gunakan untuk mobil, seperti Paul Ricard pekan lalu, dan di Assen, sepanjang sejarahnya, hanya diperuntukkan untuk motor saja," kata pembalap Yamaha tersebut. 


2. Lintasan Tak Rata

Sirkuit Assen.

Selain berdasarkan sejarah sirkuit, Rossi sendiri mengakui bahwa jika Formula 1 menggunakan Assen sebagai lokasi ajang balap mobil, ada efek yang dihasilkan bagi lintasan itu sendiri ketika digunakan untuk MotoGP.

"Pertama dari semuanya, sirkuit ini mejadi anggota lintasan F1, namun lebih baik tidak ada F1 bagi kami (MotoGP) karena akan mengurangi ketidakrataan pada lintasan. Ada bagusnya MotoGP saja yang balapan di sana," ungkap Rossi dikutip Motorsport.


3. Sirkuit Formula 1

Sirkuit Assen, Belanda.

Dalam kalender MotoGP, setidaknya mereka berbagi empat lintasan dengan ajang Formula 1. Dan semuanya harus dihadapkan pada kritik dari para pembalap MotoGP.

Kritik tersebut berkaitan dengan kualitas apsal yang bermasalah, dimana tekanan dari mobil balap atau downforce dinilai menjadi salah satu penyebabnya. 

Berikut Tim-tim yang Telah Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Valentino RossiMotoGPFormula 1MotoGP AssenMotoGP 2018

Berita Terkini