x

Ramai Video Sambaran Petir di MotoGP, Mandalika 'Disebut' Negara Wakanda

Senin, 21 Maret 2022 17:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM – Fenomena sambaran petir di area trek Sirkuit Mandalika saat gelaran MotoGP Indonesia 2022 menjadi viral. Sampai-sampai, netizen menyebut Mandalika kini sudah berubah jadi negara Wakanda.

Hujan deras dan cuaca ekstrem mewarnai gelaran balapan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/03/22).

Baca Juga

Cuaca hujan tersebut bahkan membuat start balapan MotoGP Mandalika 2022 terpaksa ditunda hingga pukul 15.15 WIB.

Selain hujan deras, sebuah insiden menegangkan juga terjadi di lokasi tersebut. Petir menyambar tiba-tiba dengan suara gemuruh di salah satu sudut sirkuit.

Baca Juga

Insiden ini terjadi sebelum balapan. Sirkuit masih dalam keadaan lengang, dan semua rider sedang berada di dalam paddock menunggu hujan reda ketika petir itu menyambar.

Kejadian ini tak luput dari rekaman kamera tim MotoGP. Mereka kemudian mengunggah kejadian ini di akun Twitter-nya @MotoGP pada Minggu pukul 16.53 waktu setempat.

“Beruntung, cuaca menjadi sejuk dan membuat kami bisa membalap!” begitu cuitan @MotoGP.

Baca Juga

Unggahan MotoGP ketika petir menyambar hingga mengeluarkan percikan api ini kemudian viral di dunia maya. Netizen baik dalam maupun luar Indonesia juga mengomentari insiden ini.


1. Sambaran Petir di Mandalika Mirip di Negara Wakanda

Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Seorang netizen mengaku heran dengan fenomena sambaran petir itu. Hal ini mengingatkannya pada fenomena petir yang ada di film Marvel, Wakanda.

Bukan hanya itu saja,  seorang netizen juga menyebut bahwa Mandalika adalah negara Avatar yang memiliki pawang dengan empat elemen untuk mengendalikan hujan. 

Baca Juga

Netizen lain menyebut bahwa di Sirkuit Mandalika juga hadir tokoh superhero Thor dengan kekuatan petirnya. Petir itu menunjukkan Thor turun ke bumi untuk menyaksikan jalannya balapan. 

Perlu diketahui, sambaran petir ini sendiri sejatinya merupakan sebuah fenomena yang umumnya terjadi saat hujan deras dan adanya awan cumulonimbus (CB).

Baca Juga

Selain sambaran petir, gelaran MotoGP Mandalika juga semakin menarik dengan kehadiran Rara Istiati Wulandari yang bertindak sebagai pawang hujan selama balapan.

Rara Isti Wulandari terlihat sempat berkeliling di sekitar paddock pembalap dan fokus membunyikan mangkuk chakra dari kuningan dengan tongkat pendek.

Baca Juga

Di media sosial, banyak netizen Indonesia menganggap kalau aksi dari Mba Rara di Sirkuit Mandaika sangat memalukan karena mempertontonkan kebodohan di mata dunia.

Akan tetapi, media asing justru memberikan pujian dari aksi Mba Rara lantaran berkat doa dan mantra-mantranya, ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika sukses digelar.


2. Hasil MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira Juara

Selebrasi pembalap motoGP, Miguel Oliveira saat mengangkat tropi usai balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Pada seri GP Mandalika, pembalap dari tim KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, yang tak diunggulkan justru mampu keluar sebagai juara pada seri ini. Rider asal Portugal ini memulai balapan dari posisi ketujuh.

Di belakang Oliveira, ada juara dunia musim lalu yakni Fabio Quartararo yang turut meraih podium di MotoGP Mandalika.

Pembalap berjuluk El Diablo tersebut memulai start dari Pole Position dengan buruk dan sempat merosot ke posisi kelima.  Namun di lima putaran terakhir, Quartararo behasil merebut posisi kedua.

Sedangkan rider asal Prancis lainnya, Johan Zarco, melengkapi podium terakhir usai finish di tempat ketiga dengan tertinggal 3,158 detik dari Miguel Oliveira.

Baca selengkapnya: Finis Kedua di MotoGP Mandalikaa, Fabio Quartararo Adu Mulut dengan Jack Miller

MotoGPMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini