x

Resmi! Las Vegas Night Race Bakal Hadir Mulai 2023, Ada Nuansa Berbeda yang Dihadirkan

Kamis, 31 Maret 2022 15:45 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Resmi! Las Vegas Night Race Bakal Hadir Mulai 2023

INDOSPORT.COM - F1 resmi mengumumkan satu seri baru untuk balapan musim 2023 yaitu Las Vegas, Amerika Serikat. Kabar tersebut dirilis melalui laman resmi Formula 1, Kamis (31/03/22).

Menariknya, balapan di Las Vegas akan dilangsungkan dengan nuansa yang berbeda yakni pada malam hari. Nantinya para pembalap F1 akan memacu kecepatan mobil di tengah gemerlapnya wilayah Las Vegas.

Baca Juga

Balapan tersebut rencananya akan digelar pada November 2023 mendatang. Seri ini menandai balapan F1 ketiga yang digelar di Amerika Serikat. 

Sebelumnya negara itu sudah punya dua seri masing-masing di Miami Grand Prix dan Grand Prix Amerika Serikat di Texas.

Baca Juga

Ini bukan kali pertama balapan Formula 1 digelar di Las Vegas. Pada 1981-1984 silam, Las Vegas sempat jadi tuan rumah Caesars Palace Grand Prix. Kini Lampu neon Las Vegas yang terkenal di dunia akan menjadi latar belakang balapan terbaru F1.

Sebuah sejarah baru akan terukir ketika Lewis Hamilton dkk memacu mobilnya di Las Vegas Strip yang ikonik, dengan sirkuit melewati hotel dan kasino terkenal.

Lintasan 14 putaran akan berjalan sejauh 3,8 mil (6,12km) dengan kecepatan tertinggi diperkirakan mencapai sekitar 212mph (342km/jam).

Baca Juga

Desainnya menampilkan tiga lintasan lurus, urutan menikung berkecepatan tinggi dan satu bagian chicane, dengan Grand Prix yang akan dijalankan lebih dari 50 putaran.

F1 dan Liberty Media akan bekerja sama untuk mempromosikan balapan dalam kemitraan dengan Live Nation Entertainment dan Las Vegas Convention and Visitors Authority (LVCVA).


1. Pengakuan CEO Liberty Media

Resmi! Las Vegas Night Race Bakal Hadir Mulai 2023

Las Vegas Night Race juga bakal bekerja sama dengan Mitra Pendiri Caesars Entertainment, MGM Resorts International, dan Wynn Las Vegas dan Presenting Partners MSG Sphere , Resorts World Las Vegas dan The Venetian Resort.

Baca Juga

Berita itu diumumkan pada acara gemerlap di Las Vegas pada Rabu malam, oleh Presiden dan CEO Liberty Media Greg Maffei dan Presiden dan CEO F1 Stefano Domenicali hadir.

Mereka bergabung dengan pemangku kepentingan lokal termasuk Gubernur Nevada, Steve Sisolak, CEO dan Presiden LVCVA, Steve Hill dan Presiden dan CEO Live Nation Entertainment, Michael Rapino.

Baca Juga

“Ikon Las Vegas dan Formula 1, puncak dari motorsport, adalah perpaduan sempurna antara kecepatan dan kemewahan,” ujar Greg Maffei dilansir dari laman resmi F1.

"Keyakinan kami dalam kesempatan unik ini terbukti dalam keputusan kami untuk mengambil peran promotor untuk Las Vegas Grand Prix dalam kemitraan dengan Live Nation."

"Kami sangat bersemangat untuk bekerja dengan mitra lokal kami untuk membuat acara tenda. Potensi Formula 1 telah ditunjukkan dengan baik selama beberapa musim terakhir dan GP Las Vegas akan membawanya ke level berikutnya," pungkasnya.


2. Pengakuan Presiden dan CEO F1

Resmi! Las Vegas Night Race Bakal Hadir Mulai 2023

"Ini adalah momen luar biasa untuk Formula 1 yang menunjukkan daya tarik besar dan pertumbuhan olahraga kami dengan balapan ketiga di AS," kata Stefano Domenicali. 

"Las Vegas adalah tujuan yang dikenal di seluruh dunia karena kegembiraan, keramahan, sensasi, dan tentu saja, Strip yang terkenal."

"Tidak ada tempat yang lebih baik untuk balapan Formula 1 selain di ibukota hiburan global dunia dan kami tidak sabar untuk berada di sini tahun depan," sambungnya lagi.

F1Formula 1Las Vegas

Berita Terkini