x

Susul Valentino Rossi dan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo Segera Debut di Balap Mobil

Rabu, 6 April 2022 14:34 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Jorge Lorenzo terjun lagi ke dunia balap usai pensiun dari MotoGP pada 2018 silam dan kini menggeleuti balap mobil di GT World Challenge Eropa.

INDOSPORT.COM - Ramai-ramai untuk terjun ke dunia balap mobil usai pensiun tampaknya sedang menjadi tren di kalangan eks rider MotoGP.

Setelah Valentino Rossi dan Dani Pedrosa, kini giliran Jorge Lorenzo yang siap mencurahkan hobi kebut-kebutan ke ajang balap roda empat.

Baca Juga

Sebelumnya Rossi yang telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP akhir musim 2021 silam, memilih untuk berkompetisi di GT World Challenge Eropa.

Sementara itu, Pedrosa yang sudah tidak lagi berpatisipasi di MotoGP sejak 2018 kini berlaga di ajang Lamborghini Super Trofeo Eropa bersama tim FFF Racing.

Kini Lorenzo bakal segera mengikuti jejak kedua kolega sekaligus rivalnya tersebut. Pembalap asal Spanyol itu akan berkompetisi pada ajang Porsche Carrera Cup Italy bersama tim Q8 Hi Perform.

Baca Juga

Bagi Lorenzo ini akan menjadi tantangan baru yang menarik untuk dilakukan. Tak lupa ia mengucapkan rasa terima kasih kepada tim Q8 Hi Perform yang telah memberikannya kesempatan baginya untuk kembali berpacu di ajang kompetitif.

Sejak pensiun dari MotoGp pada 2019 lalu, Lorenzo tampaknya butuh sesuatu yang anyar dalam hidupnya. Di usia 34 tahun, hasratnya pada dunia balap rupanya belum padam.

"Tahap baru dan menarik dalam hidup saya dimulai," tulis Lorenzo lewat akun-akun media sosialnya seperti Twitter dan Instagram.

Baca Juga

"Saya ingin berterima kasih kepada tim Q8 Hi Perform yang telah menyambut saya dan memilih saya sebagai pembalap resmi untuk Porsche Carrera Cup Italia," 

"Kami adalah tim yang kuat, bersatu dan ambisius. Saya bersemangat untuk terlibat dan menunjukkan bahwa saya juga bisa bersaing dengan roda empat," pungkasnyua kemudian.


1. Masih Ingin Kebut-kebutan

Jorge Lorenzo.

Sebenarnya ini bukan kali pertama bagi seorang Jorge Lorenzo untuk membalap di luar MotoGP. Pada 2010 lalu ia sempat menjajal balapan motor Isle of Man TT atau Tourist Trophy.

Hanya saja ajang tersebut masih merupakan ajang adu cepat motor. Saat itupun Lorenzo masih aktif di MotoGP dan hanya ikut serta karena coba-coba.

Baca Juga

Jorge Lorenzo sendiri seharusnya bisa menikmati masa purnanya dari MotoGP dengan lebih tenang. Toh, ia adalah salah satu rider terhebat di era modern ini.

Selama sebelas tahun menunggangi kuda besi di kelas MotoGP, Lorenzo mampu menjadi juara dunia tiga kali yakni pada 2010, 2012, dan 2015.

Ia sempat membalap untuk tiga pabrikan besar yakni Yamaha (2008-2016), Ducati (2017-2018), dan Honda (2019) namun masa kejayaannya ia rasakan bersama Tim Garpu Tala.

Baca Juga

Pasca pensiun, Lorenzo masih sempat tidak bisa jauh dari dunia MotoGP. Sesekali ia mau menjadi test rider untuk Yamaha.

Bahkan pada tahun ini ia menjajal untuk menjadi komentator MotoGP bersama kanal DAZN yang menjadi penyiar resmi ajang tersebut di Spanyol.

Hanya saja kini ia sepertinya ingin kembali merasakan sensasi balapan di sirkuit dan ajang GT Wolrd Challenge Eropa bisa memberikan itu.

Baca Juga

Meski masih tergolong kompetisi baru karena dibentuk pada 2014 lalu, namun GT World Challenge Eropa yang menjadi ajang balapan mobil-mobil tipe grand tourer (GT) kian berkembang dari tahun ke tahun.

Jorge Lorenzo dengan pamornya yang sudah mentereng bersama MotoGP akan semakin menambah daya tarik GT World Challenge yang ke depannya pasti ingin lebih populer lagi di dunia balap.


2. Update Perolehan Poin MotoGP dan Moto3

Para pembalap MotoGP Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai GP Argentina, di mana Aleix Espargaro menguasai puncak dan Mario Aji masih terdampar di posisi bawah.

Ajang MotoGP 2022 telah resmi bergulir dengan balapan di Grand Prix Argentina yang menjadi seri ketiga sukses digelar, sejak Sabtu (02/04/22) hingga Senin (04/04/22) dini hari WIB.

Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing secara mengejutkan mendominasi balapan yang berlangsung di Termas de Rio Hondo. Aleix memang memulai balapan dari pole position usai menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi.

Nyatanya, ia mampu mempertahanan dominasinya pada sesi race yang berlangsung 25 lap. Kakak kandung Pol Espargaro itu pun akhirnya keluar sebagai pemenang, usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 36.1980 detik.

Kemudian di susul oleh Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar). Serta ada Joan Mir (Suzuki) dan Francesco Bagnaia (Ducati) yang melengkapi lima besar.

Baca selengkapnya: Update Klasemen MotoGP dan Moto3: Aleix Espargaro Meroket, Mario Aji Posisi Buncit

Jorge LorenzoMotoGPBerita MotoGPGT World Challenge Europa 2022

Berita Terkini