x

Dianggap Sukses, Gelaran Formula E Jakarta 2022 Banjir Pujian Netizen

Sabtu, 4 Juni 2022 18:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Sirkuit Ancol tempat diselenggarakannya Formula E Jakarta. Foto: Isman Fadil/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 pada Sabtu (04/06/22) berjalan lancar di Jakarta E-Prix International Circuit, Ancol, Jakarta. Pujian pun bergema dari netizen.

Formula E Jakarta 2022 merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Ini juga merupakan edisi pertama balapan Formula E digelar di Jakarta.

Baca Juga

Sebelumnya, sejak edisi perdana yang digelar September 2014, Formula E memang belum pernah diadakan di Indonesia.

Ibu kota Indonesia ini sedianya menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Jakarta International e-Prix Cirkuit pun dipersiapakn sebagai venue Formula 3 tahun ini.  Sirkuit ini baru dibangun di kawasan Ancol dengan durasi pembangunan 54 hari saja.

Baca Juga

Puncaknya, pada Sabtu (04/06/22), seri kesembilan Formula E 2022 yang bertajuk Jakarta E-Prix 2022 ini pun terlaksana dengan lancar dan sukses.

Penonton yang ingin menyaksikan seri balapan ini terpantau sudah berdatangkan sejak pukul 10.00 WIB pagi. Padahal, balapan resmi Jakarta E-Prix sendiri baru akan dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Para pembalap dunia pun menggebar mobil merea di lintasan Jakarta International Circuit yang memiliki lintasan sepanjang 2,4 KM dan 18 tikungan. Ini jadi  sirkuit Formula E dangan tikungan terbanyak.

Baca Juga

Pembalap Jaguan TCS Racing, Mitch Evans, berhasil memenangkan balapan di Jakarta E-Prix International Sircuit yang menjadi seri kesembilan dari Formula E 2022.

Aksi salip menyalip antar pembalap sudah terjadi sejak lap pertama. Dua pembalap papan atas, Mitch Evans  (Jaguar TCS Racing) dan pemegang pole position Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) beradu untuk jadi yang tercepat.


1. Mitch Evans Juara, Formula E Jakarta Tuai Pujian

Sirkuit Ancol tempat diselenggarakannya Formula E Jakarta. Foto: Isman Fadil/INDOSPORT

Memulai balapan dari posisi ketiga, Mitch Evans tak butuh waktu lama untuk merangsek ke posisi kedua, setelah sukses menyusul rekan setim Vergne, Antonio Felix da Costa, yang start dari posisi kedua.

Meski sempat tersusul oleh Vergne di lap 31, Evans pun lakukan segala upaya untuk kembali naik ke posisi pertama.

Baca Juga

Upaya Evans memang membuahkan hasil. Dia mampu menyalip Vergne dari sisi dalam dan mampu mempertahankan posisinya hingga garis finis untuk memastikan diri sebagai juara.

Mitch Evans berhasil finis sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 48:28.424. Dia unggul 0,733 dari Jean-Eric Vergne yang harus finis di posisi kedua.

Kesuksesan Jakarta E-Prix 2022 ini pun menuai pujian dari para penggemar balapan Formula E. Mereka turun ke media sosial di Twitter untuk meramaikan taggar #JakartaEPrix.

Baca Juga

Seorang netizen ikut menyoroti keunikan Formula E yang ternyata tidak kalah seru dengan balapan Formula 1. Belum lagi dengan kecepatan dan fitur-fitur unik di race, seperti misanya Attack Mode, Fan Boost dan Energy Percentage.

"Setelah nonton #JakartaEPrix ternyata balapan mobil elektrik ini ga kalah seru sama Formula 1 Soal kecepatan bisa diadu, plus banyak fitur2 unik di race nya, kaya Attack Mode, Fan Boost, Energy Percentage, dll yg bikin balapan ini ga ngebosenin Bangga Formula E di INDONESIA," tulis akun bernama Andra Rivzi.

Akun lainnya mengucapkan selamat kepada pihak penyelenggara dan semua pihak yang terlibat karena sudah berusaha keras menjadikan gelaran Formula E Jakarta 2022 ini berjalan sukes. 

"Salut dan selamat untuk pihak penyelenggara dan smua pihak yang terlibat," tulis akun @panglima_z. 

Ada juga netizen yang mengucapkan selamat khusus kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang tetap mewujudkan rencanya menggelar Formula E Jakarta 2022 meski sempat menuai pro dan kontra. 

"Sabtu 4 Juni 2022 dengan tinta emas akan tercatat dalam sejarah kepemimpinan Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. Serta di situ akan terukir indah satu nama ANIES BASWEDAN," tulis akun @Ridaf19.

Baca Juga

"Alhamdulillah berjalan lancar dan Allah kasih kelancaran ya, Luar biasa Jakarta. Tak lupa kepada Bapak Gubernur Terimakasih. Semoga Allah selalu melindungimu Aamiin," tulis akun @Pink_Giveaways.

Uniknya, ada juga netizen yang menyinggung absennya pawang hujan selama gelaran Formula E Jakarta 2022 namun tetap berlangsung lancar dan tanpa gangguan hujan. 


2. Presiden Joko Widodo Apresiasi Formula E Jakarta

Para pebalap MotoGP saat bertemu Presiden Jako Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/03/22). Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Melansir dari Antara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut bangga dengan keberhasilan pemerintan DKI Jakarta menggelar balapan kelas dunia, Formula E Jakarta E-Prix 2022.

Presiden menyebut kejuaraan balap mobil listrik Formula E akan menjadi ajang olah raga masa depan karena menggunakan kendaraan berbasis energi listrik.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan yang ke depan akan semakin digemari,” kata Presiden.

Ia mengharapkan sirkuit tersebut dapat kembali menyelenggarakan ajang balap di waktu yang akan datang.

“Kalau bisa setiap minggu ada terus, akan lebih baik. kalau bisa setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,&rdquo,” pungkas Presiden.

Joko WidodoFormula EOtomotifAnies BaswedanBerita OtomotifJakarta E-Prix

Berita Terkini