x

Bos Honda Bocorkan Kondisi Marc Marquez, Butuh Waktu Lama untuk Comeback di MotoGP?

Kamis, 23 Juni 2022 15:46 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit

INDOSPORT.COM – Bos tim Honda, Alberto Puig, memberikan komentar terkait dengan update kondisi pembalap andalannya yaitu Marc Marquez untuk saat ini.

Seperti diketahui, Marc Marquez menjalani operasi pada Kamis (02/06/22) lalu, untuk melakukan pengobatan atas cedera di lengan kanannya di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid.

Baca Juga

Operasi tersebut dilakukan tepat empat hari setelah berjalannya gelaran MotoGP Mugello. Marc Marquez sejauh ini telah melakukan empat kali operasi, terhitung sejak Juli 2020 lalu untuk mengobati cederanya.

Pebalap Repsol Honda tersebut mengalami gangguan di lengan kanannya. Ada tulang yang tidak tumbuh secara ideal, sehingga posisinya menjadi gangguan baginya.

Proses operasi berlangsung selama tiga jam, dan mampu berjalan dengan lancar. Untuk saat ini Marc Marquez sedang menjalani masa pemulihan paska operasi.

Baca Juga

Dalam empat minggu kedepan pebalap yang kerap disapa ‘Marc’ ini akan melakukan operasi lanjutan bersama dengan Dr. Joaquin Sancez Sotelo, Dr. Samuel Antuna, dan Dr. Angel Cotorro.

Atas hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk saat ini kondisi pebalap asal Spanyol sudah membaik. Namun dirinya perlu menjalani masa pemulihan dengan waktu yang tidak sebentar.

Dilansir dari Speedweek, para penggemar Honda dan Marc Marquez bertanya-tanya tentang, kapan Sang pebalap dengan nomor motor 93 tersebut kembali menjajaki sirkuit MotoGp pada tahun ini.

Baca Juga

Atas pertanyaan yang muncul Kepala tim Repsol Honda, Alberto Puig tidak mengetahui kapan Marc akan kembali ke lintasan MotoGP.

Namun, dirinya mengatakan “Kami harus menunggu dan melihat apa yang dokter katakan (tentang kondisi Marc Marquez)."


1. Komentar Alberto Puig Tentang Kembalinya Marquez

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

Alberto Puig juga membeberkan tentang kembalinya pebalap andalannya tersebut ke ajang perebutan juara dunia MotoGP.

Bos Honda tersebut akan mempertimbangkan kemajuan kondisi dari proses penyembuhan tulang yang dijalani Marquez setelah melakukan operasi.

Baca Juga

“Jal tersebut tergantung kata dokter, apakah ada masalah, atau sembuh. Jika dokter mengatakan tidak ada kompilasi, maka proses pemulihan dari Marquez akan mebutuhkan waktu tiga hingga empat bulan,”ujarnya dikutip Speedweek.

Bisa disimpulkan Marc Marquez akan membutuhkan waktu selama 3-4 bulan untuk proses pemulihan. Jika dihitung waktu yang disebutkan, kemungkinan besar dirinya akan melakukan balapan lagi pada bulan Oktober 2022 nanti.

Kendati demikian Alberto Puig tetap tidak bisa memastikan bahwa pebalap andalannya tersebut akan kembali pada bulan Oktober.

Baca Juga

Dirinya lebih mengutamakan kesehatan dari ridernya tersebut, Alberto hanya menerangkan bila memang hal tersebut terjadi maka akan bagus untuk timnya, Honda.

"Tetapi kesehatan Marc adalah yang utama, itulah prioritasnya. Kita harus menunggu. Kami tahu dia akan fit untuk 2023," pungkas Alberto Puig.


2. Absennya Marquez Membuat Persaingan di Sachsenring Makin Seru

Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Atas proses operasi yang dilakukan olehnya, juara bertahan sekaligus Raja di Sachsenring, Marc Marquez , dipastikan untuk absen pada MotoGP Jerman 2022 ini.

Secara statistik, tercatat bahwa Marc Marquez sudah meraih 11 kemenangan di lintasan sepanjang 3,7 kilometer itu, mulai dari kelas 125 cc, moto2, dan 8 kali juara di MotoGP.

Pada jadwal MotoGP GP Jerman 2022 ini, Marc Marquez terpaksa absen lantaran masih menjalani pemulihan pasca melakukan operasi keempat pada lengan tangan.

Sejumlah pembalap menjadi favorit juara di MotoGP Jerman 2022 kali ini. Seperti halnya Fabio Quartararo  yang baru menjuarai MotoGP di Catalunya, serta Aleix Espargaro.

Dua pembalap itu mampu tampil konsisten sejauh ini. Jika Fabio Quartararo berhasil memetik kemenangan, otomatis dia mengemas tiga kemenangan, menyamai prestasi Enea Bastianini pada 2022.

Baca selengkapnya : Jadwal MotoGP Pekan Ini: Marc Marquez Absen, Siapa Raja Baru Sachsenring? 

Marc MarquezHondaMotoGPAleix EspargaroFabio QuartararoAlberto Puig

Berita Terkini