x

Gantikan Alex Albon, Pembalap Keturunan Indonesia Siap Unjuk Gigi di F1 GP Italia Bersama Williams

Minggu, 11 September 2022 15:50 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pembalap keturunan Indonesia, Nyck de Vries dipastikan akan tampil perdana di F1 GP Italia setelah menggantikan Alex Albon yang mengalami sakit.

INDOSPORT.COM – Pembalap keturunan Indonesia, Nyck de Vries dipastikan akan tampil perdana di Formula 1 GP Italia setelah menggantikan Alex Albon yang mengalami sakit.

Setelah menjalani latihan bebas ke 2 GP Italia, Alex Albon dikabarkan merasa tidak enak badan lalu dinyatakan mengalami radang usus buntu.

Baca Juga

Kondisi tersebut membuat Alex Albon harus menarik diri dari F1 GP Italia dan segera menjalani operasi untuk mengangkat penyakitnya.

"Apendiksitis, operasi dan tidak balapan adalah sesuatu yang tak kuduga akhir pekan ini. Negatifnya absen di akhir pekan yang cukup kuat buat kami dan rasa sakit," cuit Albon pada akun Twitter miliknya.

Ditariknya Alex Albon dari balapan kemudian akan membuat posisinya di tim Williams Racing digantikan oleh pembalap Nyck de Vries.

Baca Juga

“Menyusul hal itu, kami dapat memastikan jika Nyck de Vries akan menggantikan Alex untuk sisa akhir pekan GP Italia. Alex dalam keadaan baik dan tim mendoakan yang terbaik,” ungkap Williams di laman resmi mereka.

Kebetulan, De Vries sendiri sudah ada di Sirkuit Monza pada akhir pekan ini. Dia memang berperan sebagai pembalap cadangan Mercedes dan sudah menjalani FP1 bersama Aston Martin Racing.

Kesempatan ini tentu tidak akan disia-siakan begitu saya oleh De Vries untuk menjajal balapan resmi pertamanya di Formula 1 setelah hanya beberapa kali menjadi tes driver.

Baca Juga

Sebelumnya, juara dunia Formula E 2020-21 ini sempat menjalani sesi FP1 juga bersama tim Williams pada F1 Spanyol 2022 bulan Mei lalu.

Akan menjalani debut perdananya di balapan resmi Formula 1, sejumlah fakta menarik dari pembalap Nyck De Vries pun mencuat, salah satunya ia memiliki darah Indonesia.


1. Nyck de Vries Keturunan Indonesia

Nyck de Vries, juara dunia Formula E

Jelang F1 GP Italia pada hari Minggu (11/09/22), fakta menarik mengenai pembalap pengganti Alex Albon, Nyck de Vries pun mencuat.

Salah satunya, ia adalah pembalap yang memiliki darah Indonesia. Melansir dari Antara, garis darah keturunan Indonesia yang dimiliki oleh Nyck De Vries didapatkannya dari kakeknya yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur.

Baca Juga

Bahkan, melansir sumber yang sama, De Vries ternyata pernah beberapa kali datang dan berkunjung ke Indonesia, tanah kakeknya.

Hal itu, ia utarakan sewaktu dirinya masih aktif menjadi pembalap Formula E yang beberapa waktu lalu diselenggarakan di Jakarta.

Kini, pembalap 27 tahun pada Minggu malam nanti akan mencoba untuk menapaki karirnya sebagai salah satu pembalap pengganti untuk Alex Albon.

Baca Juga

Penampilannya yang cukup mentereng saat dirinya masih menjadi pembalap di Formula E adalah alasan bagi beberapa tim ingin memakai jasanya saat pembalap utama berhalangan.

Kendati hanya menjadi pembalap pengganti, De Vries diprediksi tetap akan memberikan penampilan terbaiknya agar dapat dilirik tim-tim dari Formula 1.

Sebagaimana diketahui, Formula 1 minggu malam nanti akan dilangsungkan di sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia.

Baca Juga

Charles Leclerc akan memimpin balapan dari pole position diikuti Max Verstappen dan Carlos Sainz J. di posisi kedua dan ketiga.


2. Leclerc Pole Position, 9 Pembalap dapat Hukuman Penalti

Charles Leclerc di F1 GP Austria 2020.

F1 GP Italia 2022 bakal menjadi seri balapan ke-16 pada musim ini yang akan berlangsung di kandang Ferrari yakni Sirkuit Autodromo Nazionale Monza.

Pekan balap di Italia digelar seperti biasanya yakni mulai dari latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (09/09/22) hingga Minggu (11/09/22).

Pembalap Ferrari yakni Charles Leclerc berhasil tampil impresif di sesi kualifikasi usai sukses menjadi yang tercepat pada Sabtu (10/09/22).

Charles Leclerc mencatatkan waktu terbaiknya yakni 1 menit 20.161 detik. Hasil ini pun membuat pembalap tim Kuda Jingkrak bakal memulai balapan dari posisi terdepan.

Selain itu, terdapat sembilan pembalap yang akan dikenal hukuman penalti grid saat sesi race di Formula 1 (F1) GP Italia 2022 nanti.

Baca Selengkapnya: Jadwal F1 GP Italia 2022 Hari Ini: Leclerc Pole Position, 9 Pembalap dapat Hukuman Penalti

IndonesiaFormula 1Alexander AlbonNyck de Vries

Berita Terkini