x

Resmi! FIA Setujui Perubahan Regulasi Mesin Formula 1

Kamis, 18 Agustus 2022 20:43 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Federation Internationale de l'Automobile atau FIA Resmi Setujui Perubahan Regulasi Mesin Formula 1.

INDOSPORT.COM - Federation Internationale de l'Automobile atau FIA baru saja membuat kejutan dengan resmi menyetujui perubahan regulasi mesin Formula 1.

FIA sebagai induk otomotif dunia ingin mesin mobil Formula 1 ada peningkatan tenaga listrik dan penggunaan 100 persen bahan bakar berkelanjutan.

Baca Juga

Dalam pernyataan resmi, FIA menyebut power unit mobil Formula 1 akan tetap mempertahankan konfigurasi mesin pengapian dalam V6 1,6 liter.

Kemudian pemakaian Motor Generation Unit Heat atau MGU-H akan dihilangkan. Sedangkan keluaran tenaga dari Energy Recovery System akan ditingkatkan menjadi 350 kilowatt.

Baca Juga

Perubahan regulasi ini merupakan syarat agar sejumlah brand dari Volkswagen Group ikut bergabung ke Formula 1.

Baca Juga

Namun perubahan regulasi soal mesin ini baru akan diberlakukan saat balapan F1 pada musim 2026 mendatang.

"Regulasi tersebut dimaksudkan agar memungkinkan dan menarik pendatang baru untuk bergabung dalam olahraga ini dengan kompetisi," tulis laman resmi FIA.


1. Keselamatan Pembalap Jadi Prioritas Utama FIA

Bottas mengalami kecelakaan di lap ke-50 dalam F1 GP Silverstone

FIA juga menjelaskan kalau Dewan Motor Sport Dunia (WMSC) telah memperbarui peraturan teknis 2022 dan 2023.

Hal ini dilakukan untuk menyikapi masalah keselamatan bagi pembalap, khususnya fenomena osilasi vertikal atau porpoising mulai GP Belgia pada akhir Agustus serta standar keselamatan rool hoops.

Baca Juga

Pasalnya, sempat ada kecelakaan hebat yang dialami pebalap Alfa Romeo Guanyu Zhou di F1 GP Silverstone.

Semua mobil 2023 akan memiliki lantai yang lebih tinggi 15mm. Kompromi ini disepakati oleh tim-tim setelah FIA mengusulkan peningkatan 25mm.

Baca Juga

Beberapa tim seperti Ferrari dan Red Bull tidak memiliki masalah porpoising. Mereka menyebut usulan awal itu hanya akan menguntungkan sejumlah tim yang gagal membangun mobilnya dengan baik tahun ini.

Baca Juga

Terkait roll hoop, FIA mendapati temuan dari insiden kecelakaan di Silverstone. Ada bagian roll hoop mobil Alfa Romeo Guanyu tercabik setelah bergesekan dan menggali aspal dalam kecepatan tinggi ketika terbalik.

Oleh karena itu, bagian tersebut akan didesain kembali dengan permukaan yang bulat.


2. Para Pembalap F1 Sedang Menikmati Rest and Relax

Lewis Hamilton and Williams George Russell, bakal setim di Mercedes F1 2022.

Setelah balapan F1 GP Hungaria 2022 usai, para pembalap memiliki jeda istirahat sebelum memulai persaingan di sirkuit mendatang pada GP Belgia.

Pada jeda musim panas Formula 1 kali ini belum benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa pembalap. Seperti Lewis Hamilton yang sedang surfing.

Kemudian ada Charles Leclerc yang asik berduaan dengan sang kekasih di kapal pesiar. Sedangkan Carlos Sainz tampak menggetarkan lapangan hijau saat menjajal kepiawaiannya menggunakan stik golf.

Baca Juga
Lewis HamiltonMax VerstappenFormula 1FIA

Berita Terkini