x

Cetak Sejarah di Phillip Island, Mario Aji Siap Debut di Moto3 Australia 2022

Sabtu, 15 Oktober 2022 07:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, siap debut di Moto3 Australia 2022 sekaligus mencetak sejarah.

INDOSPORT.COM – Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, siap debut di Moto3 Australia 2022 sekaligus mencetak sejarah.

Diketahui, ajang MotoGP, Moto2, Moto3 Australia sendiri menjadi seri balapan ke-18 yang digelar di Sirkuit Philip Island setelah dua kali absen karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Seperti biasanya, seri balapan bakal dimulai dari sesi latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (14/10/22) hingga Minggu (16/10/22).

Mario Aji bakal mencetak sejarah karena menjadi pembalap Moto3 Indonesia pertama yang tampil di Sirkuit Phillip Island.

Namun sejatinya sebelum Mario Aji sebenarnya sudah ada pembalap Indonesia yang pernah merasakan balapan di Sirkuit Phillip Island.

Baca Juga

Ya, pembalap Indonesia tersebut bernama Dimas Ekky Pratama. Hanya saja kelasnya berbeda dengan Mario Aji, karena Dimas Ekky berlaga di ajang Moto2.

Di sisi lain, rider yang dijuluki Super Mario tersebut siap berkenalan dengan Sirkuit Phillip Island dan menghadapi tantangan baru di trek Australia itu saat melanjutkan kiprahnya di kelas Moto3 pada akhir pekan ini.

Sebagai pebalap rookie Honda Team Asia, Mario dan rekan satu timnya, Taiyo Furusato, akan menimba pengalaman baru di sirkuit yang berkarakteristik mengalir itu.

Baca Juga

Phillip Island kembali ke kalender Moto3 dan MotoGP setelah balapan pada dua tahun sebelumnya, pada 2020 dan 2021, dibatalkan karena pandemi virus corona.

"Saya belum mengenal Phillip Island, demikian pula sebagian besar pembalap pada kategori ini, karena belum ada balapan lagi sejak 2019 silam," kata Mario Aji, dilansir dari Antara.


1. Siap Adaptasi di Phillip Island

Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji.

Meski demikian, dirinya menganggap hal ini bakal menjadi keuntungan dan Mario Aji siap beradaptasi di sirkuit Phillip Island.

"Itu akan menjadi keuntungan karena akan banyak dari kami yang memulai dengan pengalaman yang sama,” kata Mario Aji.

Baca Juga

“Penampilan nanti juga akan tergantung pada keterampilan kami untuk beradaptasi ke trek seperti itu dan juga kondisi cuaca, yang biasanya sangat menantang. Pada dasarnya, saya senang berada di sini dan dapat balapan di lintasan yang cantik ini," tambahnya.

Sementara itu Hiroshi Aoyama selaku manajer Honda Team Asia mengatakan bahwa balapan di Moto3 Australia 2022 bakal berlangsung seru.

Sebab, Grand Prix Autralia pada akhir pekan ini diperkirakan bakal didera angin dingin yang bertiup dari Antartika dengan suhu udara satu digit.

Baca Juga

Hiroshi Aoyama mengungkapkan kecepatan rata-rata pembalap di Phillip Island sangat tinggi karena banyaknya tikungan berkecepatan tinggi.

Namun, layout sirkuit sepanjang 4,4 km dengan tujuh tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan itu sangat menuntut ketrampilan pembalap dan tak jarang disertai kondisi berangin.

"Para pembalap kami belum memiliki pengalaman di trek ini. Ini berarti kami menantikan akhir pekan yang berat. Tapi dalam situasi ini, satu-satunya cara adalah membuat lap sebanyak mungkin di trek. Kami akan lihat bagaimana cuacanya, apabila stabil, itu akan membantu kami,”

Baca Juga

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima poin. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak poin yaitu saat ia finis P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Poin pertama Mario Aji di Moto3 musim ini diraih ketika ia finis P14 di Mandalika, di mana ia juga untuk pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di sirkuit Lombok itu.

MotoGPMoto3Mario Suryo AjiHonda Team Asia

Berita Terkini