Umumkan Kehamilan, Serena Williams Malah Dapat Komentar Rasis

Sabtu, 22 April 2017 21:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Serena Williams mengumumkan kehamilannya yang memasuki usia 20 minggu pada Kamis lalu. Petenis Amerika Serikat ini mengabarkan berita bahagia ini melalui akun Snapchat-nya, meski kemudian menghapusnya setelah beberapa saat. Ucapan selamat dari para petenis dunia seperti Angelique Kerber dan Andy Roddick mengalir untuk sang pemilik 23 gelar Grand Slam ini.

Namun, bukannya ucapan selamat yang datang dari bibir kapten tim Piala Fed Rumania, Ilie Nastase, melainkan komentar yang bernada rasis saat mendengar kabar kehamilan Serena. Nastase dalam konferensi pers menyambut laga timnya melawan Inggris, berkomentar, "Mari lihat apa warna kulit bayinya. Cokelat dengan susu?"

Tunangan Serena, co-founder situs Reddit, Alexis Ohanian, memang pria berkulit putih. Namun ucapan Nastase itu dianggap diskriminatif oleh Federasi Tenis Internasional (ITF).

 

My only regret is not pointing my toe sorry coach Garry 🙈

A post shared by Serena Williams (@serenawilliams) on

"ITF tak menoleransi diskriminasi dalam bentuk bahasa menyerang serta kelakuan apa pun. Kami telah mengetahui tentang dugaan komentar yang dibuat kapten Ilie Nastase dan sudah melakukan investigasi, jadi kami bisa mendapat semua fakta terkait situasi itu sebelum mengambil aksi lebih jauh," demikian bunyi pernyataan resmi dari ITF.

Usai kabar mengenai komentar Nastase menyeruak di media, mantan petenis terbaik Rumania itu malah memarahi seorang jurnalis Inggris, Eleanor Crooks. "Mengapa Anda menulisnya? Anda bodoh, Anda bodoh," kutip Daily Mail.

Serena sendiri dengan kehamilannya ini akan absen di sisa musim ini dan melewatkan berbagai turnamen besar seperti Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka. Ia akan kembali aktif bermain di tahun depan.