Legenda Tenis Ucapkan Kalimat Rasis, Serena Williams Lakukan Perlawanan

Selasa, 25 April 2017 10:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Jason Heidrich/Icon Sportswire/Gareth Cattermole/Getty Images for Laureus
Ilie Nastase dan Serena Williams. Copyright: © Jason Heidrich/Icon Sportswire/Gareth Cattermole/Getty Images for Laureus
Ilie Nastase dan Serena Williams.

Salah satu legenda tenis yang sempat menduduki peringkat satu dunia asal Rumania, Ilie Nastase sempat membuat kehebohan. Pasalnya dalam sebuah sesi konferensi pers, ia sempat mengeluarkan kalimat rasis kepada petenis wanita nomor satu dunia saat ini, Serena Williams.

Dalam komentarnya, Nastase entah secara sengaja atau tidak sengaja mengejek bayi yang akan dilahirkan oleh Serena. Ya, Serena saat ini memang tengah mengandung bayi hasil hubungannya dengan sang kekasih, Alexis Ohanian.

Nastase menyebut ia penasaran bagaimana warna kulit bayi yang akan lahir tersebut, mengingat kedua orang tuanya memiliki warna kulit yang berbeda. Serena seperti diketahui memiliki warna kulit hitam, sedangkan Alexis memiliki warna kulit putih.

 

✊🏿

A post shared by Serena Williams (@serenawilliams) on

"Kita lihat saja nanti, warna apa yang dimiliki bayi itu. Mungkin seperti melihat cokelat  dicampur dengan susu?" ujar Nastase.

Merasa disinggung seperti itu, Serena pun melakukan balasan kepada Nastase melalui sebuah tulisan yang ia unggah di akun Instagram pribadinya, @serenawilliams.

"Sungguh mengecewakan mengetahui kita masih hidup di masyarakat yang orang-orang seperti Ilie Nastase dapat mengeluarkan kalimat rasis kepada saya dan bayi yang belum lahir," tulis Serena di awal posting-an tersebut.

"Saya pernah mengucapkan ini dan akan kembali saya katakan. Dunia ini sudah berkembang jauh dan masih bisa lebih jauh lagi. Memang kita sudah merobohkan beberapa batasan tapi penghalang selalu ada."

"Hal seperti ini tidak akan membuat saya memberi rasa cinta, cahaya, dan hal-hal positif untuk segala yang saya lakukan. Saya akan terus memimpin dan berdiri tegak untuk sesuatu yang menurut saya benar.

"Saya tidak pernah takut. Anda bisa lihat bahwa saya bukan seorang pengecut. Anda bisa saja menghina saya dengan kata-kata, Anda bisa membunuh saya dengan kebencian. Namun seperti udara, saya akan selalu bangkit kembali."

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada ITF untuk segala pertimbangan untuk kasus ini. Mereka akan selalu mendapat dukungan penuh dari saya," tutupnya.

Atas kejadian ini sendiri, Nastase kini mendapat ganjaran  dengan dilarang menghadiri seluruh kegiatan ITF, akibat kata-kata hinaan yang keluar dari mulutnya.