Nadal Beberkan Taktik untuk Gusur Peringkat Dunia Federer

Sabtu, 6 Mei 2017 23:55 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images
Rafael Nadal (kiri) dan Roger Federer. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Rafael Nadal (kiri) dan Roger Federer.

Rafael Nadal kembali ke performa terbaiknya dengan meraih La Decima, yakni sepuluh gelar dalam satu turnamen. Nadal melakukannya dalam dua event beruntun tahun ini, yakni di Monte Carlo dan Barcelona Terbuka. Peringkat dunianya juga langsung menanjak ke posisi lima dunia.

Kini ia hanya terpaut 390 poin dari Roger Federer yang menempati posisi empat dunia usai melakukan comeback gemilang di awal tahun ini. Berdasarkan hal ini, Nadal pun bertekad untuk merebut peringkat rival abadinya tersebut.

"Saya tahu apa yang harus dilakukan, artinya saya harus memenangkan satu atau dua event selanjutnya," jawab Nadal kepada Tennis World USA. Peluang King of Clay terbuka luas untuk menggeser posisi Federer, mengingat rivalnya itu sedang menjalani masa istirahat selama delapan minggu.

"Saya bersiap ke Madrid (Terbuka). Ini jelas, tetapi di tahun lalu keadaannya sama saja, lalu pergelangan tangan saya cedera. Anda harus berpikir dengan tenang dan rendah hati, memahami bahwa segalanya akan berjalan baik tetapi bisa juga berubah secara drastis," jelasnya.

© Toni Albir/EPA
Rafael Nadal memenangkan Barcelona Terbuka 2017. Copyright: Toni Albir/EPARafael Nadal memenangkan gelar kesepuluhnya di Barcelona Terbuka 2017.

Kini peraih 14 gelar Grand Slam tersebut tengah menjalani masa rehat singkat sebelum kembali bertarung di Madrid. "Sekarang saya akan menghilang. Saya akan pergi ke laut, ini salah satu keinginan besar saya. Saya tak akan menyentuh tanah, saya akan menenangkan diri dan menikmati momen ini," pungkas Nadal.